Header Ads

Mengenal Cara Hidup Virus Corona dan Sifat-sifatnya


LINTAS PUBLIK, Seperti virus lainnya, virus corona SARS-CoV-2 yang menyebabkan COVID-19 juga memiliki struktur dan cara hidup yang simpel. Sesimpel apa sih?

Dalam diskusi dengan wartawan, Frilasita Aisyah Yudhaputri dari emerging virus research unit dari Eijkman Institute for Molecular Biology Indonesia menjelaskan apa itu virus dan bagaimana dia bisa bertahan.

Mengenal cara virus corona hidup dan sifat-sifatnya. ( Dok. NIAID (National Institute of Allergy and Infectious Diseases)
Menurutnya, virus merupakan mikroorganisme yang sangat kecil sehingga tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. Butuh mikroskop khusus, yakni mikroskop elektron, untuk bisa melihat wujudnya.

"Kunci dari kesuksesan virus sendiri tuh sebetulnya adalah strukturnya yang simpel, hidupnya yang simpel, nggak ribet, nggak neko-neko, dan hanya terdiri dari material genetik berupa DNA atau RNA, tidak bisa keduanya, yang dibungkus dalam kapsul protein," jelas Sisi, sapaan akrabnya.

Umumnya virus berukuran kecil dalam ukuran nanometer, namun ada juga yang berukuran besar. Tetapi dia tidak dapat hidup di luar sel inang dalam waktu yang lama.

"Jadi dia harus menjadi parasit, dia harus hidup pada host tertentu untuk tetap hidup dan berkembang biak kelangsungan hidupnya selanjutnya," tambahnya.

Sisi menjelaskan bahwa setiap virus memiliki inangnya masing-masing. Banyak virus yang tidak menyebabkan penyakit yang berarti pada inang.

Namun bagaimana jika virus berhasil bermutasi dan berpindah inang?

"Seperti contoh ada kejadian SARS 2002 virus itu awalnya dari kelelawar, lalu pindah ke musang, lalu ke manusia, dan akhirnya menyebabkan outbreak di seluruh dunia. Seperti sekarang SARS COV-2 juga sama, ini lah yang terjadi jika virus bermutasi, dan virus yang ada di inangnya masing-masing berhasil jump species ke host lain atau buat kita ke manusia," tutupnya.



sumber    : det 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.