Header Ads

Masa Inkubasi Virus Corona di Tubuh Pasien Hingga Jangka Waktu Pemulihan


LINTAS PUBLIK, Sejak akhir 2019 lalu, pandemi virus Corona semakin meluas bahkan sampai ke Indonesia. Ini membuat banyak orang terpapar hingga dirawat di rumah sakit dan obatnya pun belum ditemukan.

Namun, banyak ilmuwan yang sampai saat ini terus mempelajari sifat dari penyakit, virus, dan bagaimana itu bisa berdampak pada orang lain. Tidak ketinggalan, mereka juga mencari tahu berapa lama virus Corona COVID-19 itu bisa bertahan di dalam tubuh.

ilustrasi
Dikutip dari The Sun, berikut ini waktu yang diperlukan para pasien COVID-19 dari masa inkubasi sampai pemulihan.

1. Masa inkubasi

Sebuah penelitian menunjukkan rata-rata masa atau periode inkubasi COVID-19 ini adalah 5 hari. Menurut tim peneliti yang mempelajari 138 pasien dengan COVID-19 di Rumah Sakit Zhongnan, Universitas Wuhan, bahwa rata-rata pasien butuh waktu 5 hari sampai muncul gejala awal seperti sulit bernapas.

Penelitian lain mengatakan, masa inkubasi bisa dialami dari 2-14 hari. Namun, di beberapa kasus periode ini bisa membutuhkan waktu hinga 27 hari untuk gejalanya berkembang.

2. Masa berlangsungnya gejala

Gejala awal yang muncul pada orang terinfeksi, di antaranya demam, batuk kering, dan sesak napas. Selain itu, nyeri otot, kelelahan, radang tenggorokan, sampai pilek itu malah jarang terjadi.

Pada 85 persen orang dengan COVID-19, gejala-gejala tersebut akan hilang minimal dalam waktu satu minggu. Tetapi, gejala ini bisa saja terjadi hingga berminggu-minggu tergantung pada keadaan pasiennya. Untuk itulah disarankan melakukan social distancing atau jaga jarak sosial.

3. Masa berkembangnya gejala

Pada pasien dengan gejala infeksi yang parah, gejala sesak napas sering dialami selama 7-10 hari. Rata-rata dari mereka yang mengalami gejala ini, akan diarahkan untuk perawatan intensif pada hari ke-10.

Menurut peniliti di China, gejala awal COVID-19 bisa berkembang sekitar 18-22 hari, jika mereka berhasil melalui masa perawatan intensif.

4. Masa pemulihan

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pasien membutuhkan waktu dua hingga enam minggu untuk pulih dari COVID-19. Masa pemulihan ini bergantung pada tingkat keparahan penyakit dan juga pengobatannya.

Untuk kasus yang ringan, masa pemulihan bisa terjadi sekitar 2-3 minggu. Namun, untuk kasus atau pasien dengan penyakit yang parah atau kritis jauh lebih lama, sekitar 3-6 minggu.

sumber   : det 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.