Header Ads

BI Pematangsiantar Berikan Bantuan Sarana Medis dan Paket Sembako


LINTAS PUBLIK-SIANTAR, Mengantisipasi dan mencegah penyebaran Covid-19 di masyarakat secara luas khususnya di Kota Pematangsiantar, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar sejak bulan Maret telah berpartisipasi aktif.

Antara lain pemberian bantuan antara lain penyemprotan disinfektan di beberapa tempat ibadah dan pemasangan alat cuci tangan portabel yang diletakkan di beberapa Ĺ‚okasi strategis di Kota Pematangsiantar.


Selain kegiatan pencegahan penyebaran Covid-19, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Pematangsiantar juga memberikan bantuan dalam rangka antisipasi dampak penyebaran Covid-19.

Seperti telah diketahui bersama, penyebaran Covid-19 memaksa pemerintah untuk menerapkan kebijakan dalam pembatasan aktivitas masyarakat.

Penerapan kebijakan ini bertujuan untuk mengurangi penyebaran COVID-19 melalui kontak fisik secara langsung antar manusia, sehingga diharapkan melalui pembatasan ini penyebaran COVID-19 dapat ditekan.

Melihat perkembangan terkini dan dalam rangka antisipasi dampak penyebaran Covid-19, KPwBI Pematangsiantar memberikan bantuan berupa peralatan sarana medis kepada 5 (lima) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) yang terdiri dari masker N-95, masker bedah, baju APD, face shield, kacamata goggle, dan handscoon.

Pemberian bantuan ini bertujuan untuk mencukupi kebutuhan sarana medis di beberapa RS yang menjadi rujukan penanganan Covid-19 yang berada di wilayah kerja KPwBl Pematangsiantar yaitu RSUD Djasamen Saragih di Kota Pematangsiantar, RSUD Perdagangan di Kab. Simalungun, RSUD Kota Kisaran, RSUD Dr. Tengku Mansyur di Kota Tanjungbalai, dan RSUD Kota Rantauprapat.

Selain memberikan bantuan kepada pelaku medis, dalam rangka meringankan dampak penyebaran Covid-19 kepada masyarakat di Kota Pematangsiantar secara finansial, KPwBl Pematangsiantar juga memberikan bantuan berupa 500 paket sembako yang terdiri dari beras, gula pasir, tepung mocaf dan minyak goreng serta masker kain, sabun cuci tangan, dan madu untuk memberikan edukasi secara langsung terkait penanganan pencegahan penularan COVID-19.

Secara simbolis, penyerahan bantuan sarana medis dan paket sembako tersebut diserahkan oleh Kepala KPwBl pematangsiantar, Edhi Rahmanto Hidayat kepada Sekretaris Gugus Tugas COVID-19 Kota Pematangsiantar Drs. Midian Sianturi di Ruang Data Kantor Walikota Pematangsiantar, Senin (10/5/2020).

Kegiatan tersebut dihadiri langsung Walikota Pematangsiantar, Hefriansyah dan beberapa rekan media. Melalui sambutannya, Edhi menjelaskan bahwa tujuan utama pemberian bantuan tersebut adalah membantu meminimalisir penularan pasien positif Covid-19 kepada tenaga medis dan membantu mengurangi beban masyarakat yang terdampak secara finansial.

Dalam serah terima bantuan tersebut, Walikota Pematangsiantar mengucapkan terima kasih atas perhatian dan pemberian bantuan yang diberikan, utamanya bantuan dari Bank Indonesia yang juga memanfaatkan UMKM dan pedagang lokal juga patut diapresiasi mengingat hal tersebut dapat menimbulkan efect ekonomi Kota Pematangsiantar.



Penulis   : franki
Editor     : tagor

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.