Header Ads

Catat! Tips 'New Normal' Makan di Warteg Agar Tak Tularkan Corona


LINTAS PUBLIK, Di masa pandemi virus Corona, segala hal harus dipastikan tetap bersih dan higienis agar terhindar dari COVID-19. Bahkan jika tidak terpaksa, masyarakat dianjurkan untuk tetap tinggal di rumah sebagai upaya memutus rantai penularan.

Namun saat memasuki era new normal, masyarakat mulai beraktivitas secara normal. Sebagian bekerja di kantor dan mengakhiri WFH (work from home). Terdapat anjuran yang harus dilakukan pekerja saat berada di kantor dan berinteraksi dengan rekan kerja.

Satpol PP Jakarta/ist
Tapi gimana saat ingin membeli makan siang di warung makan? Padahal tempat umum seperti warteg juga bisa menjadi sumber penularan Corona.

Jangan khawatir, Satgas Pencegahan dan Penanggulangan COVID-19 dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) memberikan panduan cegah penyebaran dan infeksi virus Corona di warung makan, yaitu:

  1. Pastikan warung, tempat memasak dan peralatan makan bersih
  2. Jaga jarak fisik 1 meter dengan pengunjung lainnya
  3. Penjual/penyaji makanan harus mengenakan masker dan sarung tangan
  4. Penjual/penyaji makanan dan pengunjung (jika makan di tempat) selalu cuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau gunakan hand sanitizer
  5. Pilih makanan yang baru dimasak. Hindari gorengan yang warnanya sudah gelap, sayur yang terlihat sudah berulang dipanaskan
  6. Beli makanan dan segera bawa pulang.

Jangan lupa juga untuk tetap mengikuti anjuran Kementerian Kesehatan saat keluar-masuk rumah di masa pandemi Corona. Tetap memakai masker, jaga jarak aman, segera cuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer saat menyentuh benda apapun.

sumber  : det 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.