Header Ads

Siantar Touring Club Perkenalkan 3 Obyek Wisata di Sirungkungon, Ini Nama Timnya


LINTAS PUBLIK - TOBA, Siantar Touring Club (STC) kembali menjelajahi kawasan Danau Toba. Kali ini STC Perkenalkan 3 tempat Obyek Wisata di desa Sirungkungon di kecamatan Ajibata kabupaten Toba Sumatera Utara.

Tim Siantar Toring Club perkenalkan Wisata di desa Sirungkungon.

1. Bukit Kura-kura Emas

Adapun tempat Wisata yang dikenalkan STC yang pertama adalah Bukit (Tampahan) satu bukit yang cukup indah dinamakan Kura-kura Emas. Bukit ini berada dikawasan desa Sirungkungon.

Panatapan di desa Sirungkungon
Menuju bukit Kura-kura Emas dari desa Sirungkungon hanya 30 menit dengan berjalan kaki. Ditempat ini pengunjung harus berhati-hati, dan diharapkan meminta informasi untuk dipandu oleh warga setempat, karena jalannya bertebing dan terjal langsung ke pinggiran Danau Toba.

"Memang jalan itu masih sedikit mengalami kendala, dan terjal, jadi kami harapkan berhati-hati,"kata Punguan Manurung Kepala Desa Sirungkungon kepada lintaspublik.com, Minggu (21/6/2020) di desa Sirungkungon kecamatan Ajibata, kabupaten Toba.

Terlihat Bukit Kura-kura Emas di desa Sirungkungon
Pantauan lintaspublik.com bersama Siantar Touring Club, perjalan memang cukup melelahkan, dan terlihat jalan dipenuhi batu-batuan besar menghalangi badan jalan. Batu-batuan itu terlihat lepas karena longsoran.


Keindahan danau Toba dari Bukit Kura-kura Emas
Namun setelah sampai dibukit Kura-kura Emas anda akan melihat keindahan Danau Toba dan pulau Samosir secara utuh disekililinya.

Keindahan alam dan Danau Toba terpancar di bukit Kura-kura Emas ini, dan anda dapat juga berkemah ditempat ini, tempat ini juga terlihat masih sangat alami sekali.

Pemandangan alam di Bukit Kura-kura Emas
Di bukit Kura-kura Emas ini juga ada peninggalan sejarah berdirinya kampung Sirungkungon, atau tokoh pendiri desa Sirungkungon (makam/tambak/ Tampahan).

2. Bukit Panatapan Sirungkungon

Siantar Touring Club juga memperkenalkan panatapan (tempat memandang) di desa Sirungkungon. Di bukit Sirungkungon ini kita dapat memanjakan mata, dan tak bosan-bosan akan mengabadikan keindahan Danau Toba dengan latar belakang, Danau Toba, Pulau Samosir, Desa Sirungkungon, dan tentunya tidak ketinggalan Bukit Kura-kura Emas.

Siantar Touring Club menaiki kapal motor dari Sirungkungon menuju Air terjun Situmurun

"Apabila anda datang ketempat ini usahakan sebelum matahari terbit, dan bila perlu berkemah ditempat ini. Apabila cuaca baik, maka pada pagi pukul 06:00 Wib, anda akan melihat keindahan alam Danau Toba yang sempurna indahnya.


Demikian juga kita akan melihat Kura-kura Emas memancarkan cahaya kepermukaan Danau Toba. Sunguh-sunguh sangat indah Sirungkungon, semoga Pemerintah Desa Sirungkungon memamfaatkan potensi Wisata ini untuk kesejahteraan warganya,"ujar Tagor Sitohang, SH pengagas berdirinya Siantar Touring Club untuk memperkenalkan obyek-obyek wisata di kawasan Danau Toba.

3. Air terjun Situmurun Tinggi 80 Meter

Inilah enaknya wisata ke desa Sirungkungon, kita akan melihat beberapa keindahan obyek wisata disana.

Walau Air Terjun Situmurun berada diwilayah huta Namora Dusun Siarsam kecamatan Lumban Julu, tapi kita dapat dengan cepat menjangkaunya, dengan jarak tempuh 15 menitan mengunakan kapal motor dari desa Sirungkungon kita dapat menikmati Air terjun Situmurun yang ketinggiannya mencapai 80 meter.

Air Terjun Situmurun
Memang tidak mudah menjangkau Air terjun Situmurun ini, kita harus mengunakan kapal, karena tidak ada jalan lain kecuali kita menyewa kapal motor. Mengenai tarif kapal motor, kami sarankan anda negoisasi dengan pemilik kapal di desa Sirungkungon, tarifnya pasti lebih murah bila kita memborong kapal motor dari pelabuhan Ajibata.

Tim Siantar Touring Club menuju Air terjun dengan Kapal Motor.
Inilah Tim Siantar Touring Club yang memperkenalkan obyek wisata di desa Sirungkungon : Bintara Bayu, Pormanson Purba, Novitasari, Duma Sari Saragih, Beyby, Henrico Tampubolon, Grace Tamlubolon, Irfansyah Putra, Dian Pratiwi, Janter Simanjuntak dan Tagor Sitohang pengagas berdirinya Siantar Touring Club untuk memperkenalkan obyek-obyek wisaya di kawasan Danau Toba.





Penulis   : tim
Editor     : tagor

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.