Header Ads

SMK Persiapan dan ITB Bandung Kerjasama Pengembangan Teknologi Informasi, 12 Siswa Diberangkatkan


LINTAS PUBLIK - SIANTAR, Terhitung dua tahun berjalan, pihak SMK Swasta Persiapan Pematangsiantar, bekerjasama dengan Pusat Penelitian Teknologi Informasi dan Komunikasi - Institut Teknologi Bandung (PPTIK - ITB).

Hal ini tertuang dalam kesepakatan kerjasama nomor 71/ssk/PPTIK-ITB/X/2019 dengan nomor :220/KP/SMK.P/PS/X/2019.

Adapun kerjasama yang dilakukan adalah pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi berbasis Internet of Things (IoT), baik di lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah, dengan sistem online atau Daring.

BACA JUGA  SMK Persiapan Sabet Juara I Animasi Sekota Siantar

Kasek SMK Persiapan Pematangsiantar, Edwin TH Simanjuntak bersama guru dan siswa magang di ITB Bandung.
Kerjasama kedua belah pihak ditandatangani oleh Kepala PPTIK – ITB, Dr. Techn. Ary Setijadi Prihatmanto dan Kepala Sekolah SMK Swasta Persiapan Pematangsiantar, Edwin TH Simanjuntak S.E M.Pd.

Kepala Sekolah SMK Swasta Persiapan Pematangsiantar, Edwin TH Simanjuntak S.E M.Pd menjelaskan hal kerjasama ini kepada awak media pada Kamis (30/7/2020) pagi, di jalan Pane Siantar kota Pematangsiantar.

"Kerjasama dilakukan selama empat tahun, dan tahun ini adalah tahun yang kedua. Sudah empat program (Project) yang telah diserahkan ITB kepada SMK Persiapan, semuanya berjalan cukup baik. Dan selama Project ini dijalankan tidak ada kendala, semua projec adalah sistem Komunikasi Internet (Komputerisasi) yang terbarukan atau biasa disebut online. Tahun lalu guru dan siswa kita sudah magang disana,"jelas Edwin Simanjuntak, bahwa kerjasama sudah dimulai pada 25 Oktober 2019 hingga 25 Oktober 2023.

Tahun Pelajaran 2020 ini, pihak SMK Persiapan menyiapkan 12 orang siswa untuk mengikuti PKL Online di Laboratorium Internet of Things (IoT) PPTIK – ITB, yaitu dari jurusan Elektro, Multi Media dan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ).

"SMK Persiapan satu-satunya SMK yang menjadi mitra pembelajaran program milik ITB ini, kita harapkan kerjasama ini akan terus meningkat, hingga nantinya SMK Persiapan bisa mandiri dalam segala bidang baik pendidikan maupun penyediaan tenaga kerja,"ungkapnya

Siswa SMK Persiapan yang ikut Parakerin (Praktek Kerja Industri) tahun ajaran 2020 adalah :(Paryaitu Pandu Marswira Pranatatama  (Kelas) XII TAV,  Haris Arde Kesumah (Kelas XII TAV), Teguh Susilo      (Kelas XII TAV), Dimas Manggala Utama (Kelas XII TAV), Willi Agung Syahputra (Kelas XII TKJ), Hot Asih Richard Sihaloho (Kelas XII TKJ), Rovinka Evawany Elysa Manullang (Kelas XII TKJ), Nur Suci Ayati (Kelas XII TKJ), Andri Saputra Simanullang (Kelas XII MM),  Dilla Ayu Sritantri (Kelas XII MM), Fimiyah Ulfa Azzahra Lubis (Kelas XII MM),  Zulfan Prayoga (Kelas XII MM).  Para siswa akan dibimbing seorang guru yaitu Efendi Manurung S.Kom.

Ada juga dua guru yang magang online di Laboratorium Internet of Things (IoT) PPTIK – ITB yaitu Jahidup Nahampun, S.Kom dan Jumawan.

“Para guru dan siswa SMK Persiapan inilah nanti menjadi model (contoh) penerapan program (Project) dari ITB untuk membangun dan mengembangkan sistem Teknologi Informasi dan Komunikasi berbasis Internet of Things (IoT), terutama sistem online absensi dan data siswa,"kata Edwin Simanjuntak, bahwa dalam sistem online ini nantinya orang tua dapat melihat perkembangan anak disekolah baik kehadiran maupun tingkat pembelajaran yang diikuti dari komputer (internet).

Edwin Simanjuntak juga menambahkan, Ada juga program yang sedang dikerjakan siswa SMK Persiapan berupa  RFID (Radio Frequency Identification).

"Sistem RFID ini nantinya dapat digunakan dimana saja, baik penyimpanan data, maupun pengolaan data, yang pastinya sistem yang diberikan kepada kita adalah sistem online atau daring, yaitu transponder atau  menyimpan dan mengambil data dapat dilakukan jarak jauh"terangnya.

"Pastinya empat program yang diberikan kepada kami semua mengunakan internet,"tambah Edwin, bahwa siswa akan mendapat mendapat sertifikat dari PPTIK – ITB.

Sementara itu Kepala Cabang Dinas Pendikan Siantar, Darwin Purba melihat, mengucapkan selamat kepada SMK Swasta Persiapan Siantar yang telah melaksanakan praktek model daring PPTIK – ITB.

Dan semoga menambah pengetahuan dan skill para siswa dan juga guru, demi kemajuan sekolah dan dunia pendidikan di Sumatera Utara, khusususnya di Kota Siantar, ujarnya.




Penulis   : tagor
Editor     : tagor



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.