Header Ads

Sopo Sitohang di Samosir Diresmikan, Dapat Menampung 150 Orang


LINTAS PUBLIK - SAMOSIR, 300an Pomparan (Keturunan) Opung Raja Pangaribuan Sitohang menyaksikan peresmian Rumah (Sopo) Punguan Sitohang dohot Boruna di Areal Tugu Sitohang Desa Parsaoran Urat Kecamatan Palipi, Sabtu (25/7/2020).

Peresmian ditandai dengan adanya penandatanganan prasasti Sopo Sitohang yang ditandatangani oleh Dr. Ronald Sitohang,Sp.B Ketua Umum Punguan Sitohang dohot Boruna (PSB) Se-Indonesia, Ir. Hasudungan Sitohang,dan Pembina Punguan Sitohang  (PSB) Se-Indonesia Irjen Pol (Purn) Ricky HP Sitohang, SH, MH.

BACA JUGA  Marga Sitohang Tanam Pohon di Samosir, Ini Kata Warga di Perairan Danau Toba

Dr.Ronald Sitohang Ketua Umum PSB Se-Indonesia menandatangani prasasti.
Dalam acara itu hadir Ketua Umum DPP PSSAB Se- Indonesia JB Siringo-ringo, Bupati Samosir Rapidin Simbolon dan wakilnya, Juang Sinaga Bupati bersama keluarga.

Kepada lintaspublik.com Lekanor Sitohang selaku Sekretaris Jenderal (Sekjen) Punguan Sitohang  (PSB) menjelaskan, Sopo dibangun secara swadaya keturunan Sitohang se Indonesia.

"Dana pembangunan Sopo Sitohang dibangun secara gotongroyong keluarga besar Sitohang Se Indonesia, bahkan dari luar negeri,"ungkap Lekanor Sitohang.

Adapun kegunaan Sopo Sitohang sebagai tempat istrahat apabila ada pomparan Sitohang yang berkunjung dan berjiarah ke lokasi tugu.

BACA JUGA  Indahnya Samosir Kampung Ku, Mana Kampung mu ......

Pembina Punguan Sitohang  (PSB) Se-Indonesia Irjen Pol (Purn) Ricky HP Sitohang menandatangani Prasasti.
"Ukurannya cukup luas, dapat menampung 150 orang, diareal Tugu juga dilengkapi taman dan lampu hias. Kalau untuk kebaktian atau membuat acara keluarga tempatnya sangat cocok. Dan area parkir cukup luas,"jelasnya.

Pada kesempatan itu Lekanor juga mengucapkan terimakasih untuk pomparan Sitohang yang telah berpartisipasi, sehingga Tugu Sitohang tampak cantik dan megah.

"Tugu dan lokasi tugu akan terus dipercantik. Tugu Sitohang kini bertambah Megah, dan sudah ada Soponya, untuk selanjutnya akan dibangun Gapura Sitohang sehingga penampakannya lebih bagus lagi sebagai bagian dari dukungan Sitohang untuk mendukung Pariwisata di Samosir,"kata Lekanor Sitohang, bahwa pada saat acara peresmian Sopo Sitohang terkumpul Spontanitas Pembangunan Gapura Tugu Sitohang sebesar Rp. 48 Juta dari target pembaungan Gapura nantinya sebesar Rp.80 juta.

"Pastinya Gapura akan melengkapi kemegahan Tugu Sitohang, jadi Gapura melengkapi keindahan Tugu itu sendiri. Mudah-mudahan secepatnya hal ini tercapai. Terimakasih untuk semua pomparan Sitohang yang memberikan hatinya untuk membangun Bona Pasogit (asal usul) Marga Sitohang."tambahnya.

Sopo Sitohang dirancang Ir, Hasudungan Sitohang yang juga sebagai ketua pelaksanakan pembangunan tugu. Dan panitia pembangunan dilaksanakan Johanes Sitohang (ketua), Bilson Sitohang (sekretaris) dan Kadiman Sinaga (bendahara)

Acara diawali dengan Ibadah singkat dengan Thema: " Tuhan Akan Menjaga Keluar Masukmu, Dari Sekarang Sampai Selama-lamanya" ( Mazmur 121:8).

Pomparan Sitohang tampak ceria bersama Ketua Umum DPP PSSAB Se-Indonesia JB Siringo-ringo, Bupati Samosir Rapidin Simbolon dan wakilnya, Juang Sinaga Bupati bersama keluarga.


Bupati Samosir Rapidin Simbolon dan wakilnya, Juang Sinaga Bupati tampak bahagia bersama pomparan Sitohang.

Dari Kiri : Dr.Ronald Sitohang, Irjen Pol (Purn) Ricky HP Sitohang dan  Ir, Hasudungan Sitohang


Dari Kiri : Lekanor Sitohang, hasudungan Sitohang dan Dr. Ronal Sitohang bersama istri masing-masing.


BACA JUGA  Mengenal Perkampungan Marga SITOHANG di Samosir



Penulis   : tagor
Editor     : tagor




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.