Header Ads

Terdaftar PBI, Keluarga Ini Rasakan Pengobatan Gratis


LINTAS PUBLIK-SIANTAR, Sebagai program yang memberikan jaminan kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) tak henti-hentinya memberikan kontribusi positif kepada masyarakat.

Program yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan sejak 1 Januari 2014 ini telah banyak membantu masyarakat berobat ke fasilitas kesehatan tanpa harus mengeluarkan biaya sepeserpun.

Machrid Julia Audia Siburian
Hal ini juga sekaligus membuktikan bahwa Program JKN-KIS telah membuka akses yang lebih besar kepada masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dengan berkualitas.

Manfaat besar program ini telah dirasakan Machrid Julia Audia Siburian (24) atau biasa akrab disapa Lia. Lia salah seorang warga Pematangsiantar yang beruntung karena memiliki Kartu JKN-KIS. Lia dan keluarga didaftarkan oleh Pemerintah Kota Pematangsiantar sebagai peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) atau iuran premi setiap bulannya dibayarkan oleh Pemerintah Kota Pematangsiantar.

Dengan menjadi peserta JKN-KIS, Lia dan keluarga sudah memiliki jaminan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis di fasilitas kesehatan ( klinik puskesmas, DPP dan rumah sakit).

“Saya, suami dan anak telah menerima kartu JKN-KIS sembilan bulan yang lalu dan saya sangat senang ketika kartu tersebut diberikan oleh petugas. Kemudian tidak lama setelah saya menerima kartu tersebut, kartu JKN-KIS langsung saya pakai untuk pengobatan anak saya yang menderita demam berdarah,” kata Lia, Rabu (22/7/2020).

Lia menambahkan bahwa selama tiga hari anaknya menjalani rawat inap di RSUD Djasamen Saragih Pematangsiantar, pelayanan yang diberikan sangat baik dan tidak ada kendala sama sekali.

Menurutnya, sekalipun anaknya dirawat di Kelas III tidak ada perbedan pemberian layanan kesehatan yang diberikan dengan peserta yang membayar umum / mandiri.

“Dimulai dari proses pendaftaran sampai masuk ke ruang rawat inap sama sekali tidak ada kendala, dokter dan perawat juga rutin mengunjungi untuk melihat perkembangan kondisi anak saya dan selalu memberi semangat kepada saya selama menjagai anak saya,"kata wanita yang kesehariaannya sebagai Ibu rumah tangga ini.

Di akhir perbincangan, Julia menyampaikan kepada masyarakat yang khususnya masih ada keraguan untuk berobat menggunakan kartu JKN-KIS agar tidak ragu lagi. Karena Julia sudah merasakan manfaat yang besar dari program JKN-KIS ini, asalkan kartu aktif dan sesuai prosedur pasti akan dilayani.



Penulis   : franki/rel
Editor     : tagor

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.