Header Ads

Produk Pertanian Kualitas Ekspor, Bupati Samosir akan Hidupkan Lahan Tidur


LINTAS PUBLIK - SAMOSIR, Untuk mensejahterakan petani di kabupaten Samosir, lahan-lahan tidur di Samosir akan diolah menjadi pertanian produktif terutama sayuran. Hal ini diungkap Ketua Koperasi Samosir Kasih Sinergi Pdt.Manatar Rumapea, STh.

"Benar, kami telah langsung kordinasi dengan bapak Bupati Samosir, bagaimana mengolah lahan tidur di Samosir menjadi lahan produktif,"kata Manatar Rumapea di Desa Sipira Kecamatan Onanrunggu kabupaten Samosir, Senin (3/8/2020) seusai menyaksikan pemberangkatan 16 ton sayuran hasil kelompok taninya yang diberangkatkan Bupati Samosir Rapidin Simbolon.

Manatar Rumapea menambahkan, lahan-lahan yang akan diolah memiliki unsur tanah yang cukup subur tidakalah dengan unsur tanah pertanian di Simalungun maupun di Tanah Karo.

Bupati Samosir Rapidin Simbolon mendengarkan penjelasan produk (kualitas_)sayuran yang kan di ekpor.
"Melalui Dinas Pertanian, dan saran Bupati Samosir Rapidin, kita akan mengolah lahan-lahan tidur itu, tapi kendala kita saat ini untuk membuka jalan, baik untuk pengelolaan maupun mengambil hasil pertanian nantinya."ujar Manatar berterimakasih Bupati Samosir yang telah mendukung pengelolaan lahan tidur menjadi produktif, serta emmpermudah perijinan.

"Lahannya cukup luas sekali, ada sekitar ratusan hektar, bisa mempekerjakan 500 kepala keluarga. Saat ini kita telah menghasilkan dan bisa mengekspor 16 sampai 32 ton sekali kirim,"tambahnya.

Manatar juga menjelaskan, Sebenarnya masih ada hasil produksi pertanian lainnya untuk diekspor, baik Kentang, Kopi dan lainnya.

"Untuk Kentang, dan kopi kita masih kalah kualitas ekspor, kualitasnya masih rendah. Hasil Kopi dan Kentang kita kirim dalam negeri, baik ke Jawa, Bali bahkan Papua,"terangnya.

Pdt. Manatas Rumapea Menunjukan Kol kualitas Ekpor ke Pimpinan redaksi lintaspublik.com
Ditempat yang sama  Bupati Samosir Rapidin Simbolon menjelaskan, bahwa pemerintah kabupaten Simalungun serius mendukung pertanian menjadi program unggulan.

"Pastinya pariwisata dan pertanian menjadi program unggulan Samosir saat ini, harapan kita masyarakat juga bersemangat untuk mengola pertaniannya, dengan upaya kita akan mendukung fasilitas-fasilitasnya,"jelas Rapidin Simbolon. memberikan fasilitas berupa dukungan pengolaan tanah dengan traktor, dan mempermudah ijin.

Tampak hadir dalam pemberangkatan ekspor perdana sayuran dari Samosir ke Taiwan Asisten 2 Saul Situmorang, Kadis Pertanian Viktor Sitinjak, Kadis Kominfo Rohani Bakkara, Kadis Ketapang Rawati Simbolon, Camat Onanrunggu Junita Sinaga dan Kabag PKP Hartopo Manik.

BACA JUGA  Dinilai Berhasil Membangun Samosir, "Rap Berjuang" Didukung Situmorang Sipituama Dua Periode



Penulis   : tagor
Editor     : tagor

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.