Header Ads

Ratusan Pendaki Siap Rayakan Kemerdekaan di Puncak Ciremai


LINTAS PUBLIK, Ratusan pendaki gunung mulai memadati pos pendakian Gunung Ciremai. Mereka siap untuk merayakan Hari Kemerdekaan di Puncak Ciremai.

Pos pendakian Palutungan di Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan tampak ramai sore ini. Para pendaki tengah bersiap untuk merayakan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke 75 di Puncak Ciremai.

Gunung Ciremai/ist
Mayoritas para pendaki gunung ini berasal dari daerah-daerah seperti Cirebon, Indramayu dan juga Kuningan.

Ndun Abdulah selaku Ketua Mitra Pendakian Gunung Ciremai Jalur Palutungan mengatakan bahwa kuota pendakian Ciremai via Palutungan sudah full booking sejak beberapa hari lalu.

Selain itu, karena masih dalam masa pandemi covid-19 menurut Ndun ada pembatasan kuota pendakian per harinya.

"Sampai tanggal 20 nanti sudah full booking. Sehari kuotanya 140 orang karena sekarang dibatasi. Kalau tahun lalu kuotanya 585 orang per hari," kata Ndun saat diwawancarai, Minggu (16/8/2020).

Selain pembatasan kuota, para pendaki juga wajib mengikuti protokol kesehatan yang sudah dibuat seperti penggunaan tenda kapasitas 4 orang hanya boleh digunakan 2 orang dan setiap pendaki wajib membawa 4 masker.

Jalur Palutungan sendiri merupakan salah satu jalur favorit pendaki gunung Ciremai karena treknya yang cenderung landai.

Di tempat yang sama, salah seorang pendaki bernama Dodi (29) mengungkapkan bahwa dirinya sengaja memulai pendakian hari ini untuk merayakan kemerdekaan di puncak Ciremai nanti.

"Di puncak Ciremai nanti biasanya ada upacara dan pengibaran bendera. Jadi sengaja berangkat sekarang," kata pendaki asal Kuningan ini.

Dodi juga mengaku sudah beberapa kali mendaki gunung Ciremai. Merayakan Hari Kemerdekaan seperti sudah jadi tradisi bagi para pecinta alam di Indonesia.



sumber  : det 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.