Header Ads

Dinas Kesehatan Usulkan Pengadaan Mobil Lab PCR


LINTAS PUBLIK-SIANTAR, Dinas Kesehatan Kota Pematangsiantar mengsulkan pengadaan Lab mobil PCR untuk mempercepat pengujian sampel swab di Kota Pematangsiantar.

Hanya saja, usulan ini masih sedang dirapatkan oleh Satuan Tugas Penanganan Covid-19.

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi melepas mobil Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk Kabupaten Batubara di Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid 19, Pendopo Rumah Dinas Gubernur Sumut Jalan Sudirman 41 Medan

Hak ini disampaikan kepala dinas kesehatan Kota Pematangsiantar, dr.Ronald Saragih melalui sambungan seluler, Selasa (29/9/2020).

Menurut dr.Ronald, Lab mobil PCR ini sangat dibutuhkan untuk mempercepat pengujian sampel swab di Kota Pematangsiantar. 

"Lab mobil PCR ini sangat dibutuhkan. Kabupaten Batubara sudah memilikinya. Kalau tidak salah harganya kurang lebih Rp 4 Milyar,"kata dr.Ronald.

Ketika ditanyaka bagaiman perkembangan pengusulan itu, dr.Ronald menyarankan untuk mempertanyakan ke satuan tugas dan Plh.Sekda.

"Kita hanya mengusulkan, kewenangan memutuskan ada disana,"jawab dr.Ronald.

Sementara juru bicara satuan tugas penanganan Covid-19, Drs.Daniel Siregar Daniel Siregar membenarkan pengusulan dinas kesehatan tersebut. 

"Pengadaan Lab mobil PCR ini sudah dibicarakan, tapi lebih detailnya sama bapak Midian Sianturi dan Pardamean Silaen,"kata Daniel.

Daniel pun tidak menampik soal kebutuhan Mobil lab PCR ini, apalagi Kota Pematangsiantar sudah 290 yang positif Covid-19.

Dilansir dari website diskominfo.sumutprov.go.id, Gubsu resmi melepas Laboratorium (Lab) Mobil Polymerase Chain Reaction (PCR) milik Kabupaten Batubara, Rabu (23/9/2020). Lab mobil PCR ini diharapkan mampu mempercepat pengujian sampel swab di Kabupaten Batubara.

Dalam keterangannya, Lab Mobil PCR ini mampu menguji 9 sampel swab dalam waktu 1 jam. Bila dioperasikan selama 24 jam Lab Mobil ini mampu menguji 100-120 sampel. Menurut Edy Rahmayadi, akan ada tambahan 5 Lab Mobil PCR lagi yang akan di datangkan ke Sumut untuk mempercepatan pengujian sampel swab.

Penulis   : franki
Editor     : tagor


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.