Header Ads

Mendikbud Minta Masyarakat Kibarkan Bendera Setengah Tiang 30 September


LINTAS PUBLIK, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) meminta instansi pusat dan daerah serta seluruh masyarakat mengibarkan bendera setengah tiang pada 30 September 2020. Sedangkan esok hari, bendera dikibarkan satu tiang penuh.

Anjuran itu tertuang dalam surat edaran penyelenggaraan upacara peringatan hari kesaktian Pancasila tahun 2020. Surat edaran ini juga ditandatangani Mendikbud, Nadiem Anwar Makarim.

Bendera Berkibar Setengah Tiang di Rumah Baca Mutiara Bangsa kota Pematangsiantar, Rabu (30/9/2020)

"Setiap kantor instansi pusat dan daerah, kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri serta seluruh komponen masyarakat Indonesia pada tanggal 30 September 2020 agar mengibarkan bendera setengah tiang dan tanggal 1 Oktober 2020 pukul 06.00 waktu setempat, bendera berkibar satu tiang penuh," demikian isi surat edaran tersebut.

Disebutkan tema upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun ini bertema 'Indonesia Maju Berlandaskan Pancasila'. Sejatinya upacara akan digelar pada Kamis (1/10) besok di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur.

Namun karena situasi pandemi COVID-19, upacara itu digelar diminta digelar secara virtual dari kantor masing-masing instansi.

"Menteri, Pimpinan Lembaga Negara/Instansi Pusat beserta Pimpinan Tinggi Madya atau sederajat wajib mengikuti Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang dilaksanakan di Monumen Pancasila Sakti Jakarta secara virtual dari kantor masing-masing," tulis surat edaran itu.

Disebutkan, kepala daerah wajib mengikuti upacara tersebut dari kantor masing-masing. Adapun Nadiem akan berpidato pada 30 September secara virtual.

sumber   : det 


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.