Header Ads

RHS Panen Raya Padi di Suka Rakyat Kerasaan : Petani Berdaulat, Rakyat Sejahtera


LINTAS PUBLIK-SIMALUNGUN, Bakal Calon Bupati Kabupaten Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga, yang akrab dipanggil RHS itu, meneriakkan slogan “Petani Berdaulat, Rakyat Sejahtera” di hadapan para petani yang memanen padi seluas 172 hektar di Suka Rakyat IV, Kelurahan Kerasaan Kecamatan Pematang Bandar, Kabupaten Simalungun, Senin (21/9/2020).

RHS Panen Raya Padi di Suka Rakyat Kerasaan

Kehadiran RHS ke lokasi lahan persawahan, atas undangan warga yang tergabung dalam Kelompok Tani (Poktan) Suka Rakyat IV, untuk turut serta melakukan panen raya padi.

Begitu tiba di lokasi, dengan mengenakan kaos warna hitam bertuliskan RHS, Radiapoh Sinaga mengajak berdialog para petani terkait masalah yang mereka hadapi mulai dari proses penyiapan lahan, pembibitan, masa tanam dan panen.

RHS yang didampingi Ketua Tim Pemenangan RHS-ZW, Crismes Haloho mengungkapkan, bahwa dirinya bersama pasangannya Zonny Waldi, jika diberi kepercayaan untuk memimpin Kabupaten Simalungun periode 2020-2024, sudah mewakaf diri untuk komit memperhatikan para petani.

“Komitmen kami, petani Simalungun harus berdaulat dalam mengembangkan potensi pertanian, dan dengan berdaulatnya para petani, hal itu akan mengikuti meningkatnya kesejahteraan petani,” kata Radiapoh Sinaga.

RHS menyebutkan, dalam mewujudkan “Petani Berdaulat, Rakyat Sejahtera”, pihaknya akan lebih meningkatkan peranan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) di Kabupaten Simalungun.

“Setiap produk pendukung peningkatan hasil pertanian di Kabupaten Simalungun, akan melalui seleksi ketat sebelum sampai kepada petani maupun kelompok-kelompok tani. Apakah itu masalah bibit, masalah pupuk dan yang lainnya. Para petani harus menggunakan produk yang terbaik agar kualitas hasil pertanian benar-benar terjaga dengan baik,” kata Radiapoh Sinaga.

“Kita akan melakukan itu di Simalungun, agar hasil pertaniannya punya nilai lebih yang luar biasa. Jadi, semua kebutuhan para petani, apakah itu terkait bibit maupun pupuk, sampai ke tangan petani dalam kondisi original,” tambah RHS.

Radiapoh Sinaga, juga mengingatkan, melalui kelompok tani (PokTan) maupun gabung kelompok tani (GaPokTan), akan dianjurkan untuk melakukan pola tanam serentak. 

“Pola tanam serentak itu, di samping menjaga hasil produksi, juga menjaga penataan irigasi sawah. Dengan tanam serentak di seluruh kecamatan yang memiliki lahan persawahan padi, akan mampu menjadikan Kabupaten Simalungun sebagai daerah swasembada beras. Dan tentu hasil panen padi yang baik, dimulai dari pengadaan bibit yang baik,” kata Radiapoh Sinaga.

Tentu, tidak hanya sebatas petani sawah saja, lanjut Radiapoh,  kelompok tani lainnya seperti petani sayur, buah, perkebunan mau pun peternakan, akan mendapatkan perhatian serius dari pasangan Radiapoh Hasiholan Sinaga dan Zonny Waldi.

Pertemuan dengan para petani yang menggelar panen raya di lahan seluas 172 hektar itu, Radiapoh Sinaga dengan meneriakkan slogan, “Petani Berdaulat, Rakyat Sejahtera.”

Penulis   : franki
Editor     : tagor


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.