Header Ads

Ikut JKN-KIS, Terbantu Biaya Perobatan dan Dilayani dengan Baik


LINTAS PUBLIK-SIANTAR, Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) kini menjadi pilihan utama masyarakat untuk memproteksi diri dan keluarga. Iuran yang terjangkau adalah salah satu alasan memilih program ini. 

Hafni Sinaga (33) peserta JKN-KIS

Seperti yang dialami Hafni Sinaga (33), salah satu peserta JKN-KIS Segmen Pekerja Penerima Upah Kelas II yang berasal dari Kota Pematangsiantar.

Hafni mengungkapkan bahwa program JKN-KIS sangat membantu masyarakat karena tidak dikenakan biaya saat berobat.

Hafni merasakan sendiri dirinya dapat berobat tanpa ada masalah biaya berkat program JKN-KIS. Bahkan tidak hanya sekali, tetapi sudah dua kali terbantu berobat menggunakan kartu JKN-KIS untuk biaya yang besar, belum termasuk berobat di Klinik.

“Keluarga saya dua kali menjalani rawat inap di rumah sakit dengan menggunakan kartu JKN-KIS. Pertama anak saya menderita Demam Berdarah dan harus menjalani rawat inap selama lima hari di RS Tentara Pematangsiantar. Kemudian masih di RS yang sama, saya sendiri pernah menjalani rawat inap selama satu  minggu karena menderita penyakit stroke ringan serta Kolesterol. Bahkan sesekali saya berobat ke Klinik untuk berobat jika tiba-tiba sakit saya kambuh. Dari semua itu, saya tidak pernah sekalipun mengeluarkan biaya atau seluruh biaya pengobatannya ditanggung oleh Program JKN-KIS,”kata Hafni Jumat lalu (2/10/2020).

Hafni mengatakan sekalipun dirinya sering menggunakan kartu JKN-KIS untuk berobat, dirinya selalu mendapatkan pelayanan yang baik. Proses administrasinya pun sangat mudah dan cepat sehingga tidak perlu menunggu waktu yang lama untuk mendapatkan pelayanan.

“Saya sangat beruntung terdaftar sebagai peserta JKN-KIS karena iurannya terjangkau tapi manfaatnya sangat besar, apalagi jika dihitung-hitung iuran yang saya bayarkan belum sebanding dengan manfaat yang saya terima. Untuk itu, saya ucapkan terima kasih kepada peserta yang rutin membayar iuran, karena sumber dana untuk membayar seluruh biaya pengobatan saya tentunya dari pembayaran premi masyarakat yang sehat dan rutin membayar iuran,”kata Hafni.

Dari pengalaman tersebut, Hafni menepis anggapan sebagian masyarakat apabila pelayanan JKN-KIS selama ini tidak baik dan dirinya juga mengatakan tidak ada yang sulit maupun dipersulit. Hafni juga menegaskan tidak ada layanan yang dibedakan jika kita adalah peserta JKN-KIS, karena semua diperlakukan sama sesuai dengan aturan yang berlaku.


Penulis   : franki
Editor     : tagor


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.