Header Ads

Operasi Bedah Plastik Ditanggung, Tri Bersyukur Menjadi Peserta JKN-KIS


LINTAS PUBLIK-SIANTAR, Hadirnya Program Jaminan Kesehatan Nasional- Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) sejak tahun 2014  lalu, telah terbukti membantu masyarakat dalam hal mendapatkan pelayanan kesehatan  gratis dan berkualitas. Pernyataan ini didukung dengan kunjungan masyarakat ke fasilitas kesehatan yang terus menerus meningkat dari tahun ke tahun.

Novin Tri Puriningsih (37) atau biasa disapa Tri bersyukur menjadi peserta JKN-KIS

Salah satu masyarakat yang merasa terbantu dengan program JKN-KIS ini adalah Novin Tri Puriningsih (37) atau biasa disapa Tri. Tri mengatakan bahwa program JKN-KIS merupakan program yang sangat baik dan pro rakyat. Seperti yang ia rasakan sendiri, anaknya dapat menjalani operasi bedah plastik tanpa harus membayar biaya sepesepun.

“Saya mempunyai anak laki-laki dan pada saat lahir, dokter mengatakan bahwa anak saya mengalami kelainan kongenital di jari tangan kanannya, yang nantinya anak saya akan kesulitan beraktivitas menggunakan tangan kanannya karena ada kelainan di jarinya. Kemudian di usia 6 tahun, anak saya makin sulit beraktivitas bahkan tangannya seperti sulit untuk digunakan dan saya langsung berkonsultasi kepada dokter langkah apa yang harus dilakukan untuk mengobati penyakit anak saya dan dokter merekomendasikan untuk segera dilakukan operasi bedah plastik jari tangan kanan anak saya di Rumah Sakit Vita Insani Pematangsiantar,” kata Ibu yang bekerja di salah satu perusahaan Distributor barang elektronik di Kota Pematangsiantar ini.

Tri menambahkan bahwa pasca operasi, anaknya masih harus menjalani rawat inap di RS selama 4 hari dan pelayanan yang diberikan tenaga medis dinilai pelayanan sangat baik dan profesional.  Saat itu, Tri juga sudah menyiapkan dana jika sewaktu-waktu ada diminta biaya tambahan dari RS, namun beruntung setelah selesai segala perawatan ternyata biaya pengobatan anaknya seluruhnya ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

“Perawat di RS sangat sigap karena sewaktu-waktu dibutuhkan mereka langsung dengan cepat mendatangi saya dan menanyakan apa yang dapat dibantu. Intinya saya merasa pelayanan yang diberikan diluar ekspektasi saya sebelumny,  karena saya pernah mendengar berita diluar sana bahwa ada perbedaan pelayanan yang diberikan kepada Peserta JKN-KIS dibanding dengan peserta yang membayar umum,”kata Tri kepada tim Jamkesnews, Jumat (2/10/2020).

Diakhir perbincangan, Tri menyampaikan harapannya agar Program JKN-KIS dapat terus dikembangkan mengingat program tersebut pro rakyat dan terbukti dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Ia pun mengajak kepada peserta JKN-KIS lainnya untuk rutin dan tepat waktu membayar iuran JKN-KIS. Sehingga program tersebut tetap dapat berjalan dengan baik dan dapat terus dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.


Penulis   : franki
Editor     : tagor


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.