Header Ads

Keindahan Gua Singirngir di Simalungun, Anda Tertarik LIHAT VIDEONYA


 LINTAS PUBLIK - SIMALUNGUN, Keindahan sangat tampak di Gua Singirgir, pasalnya Gua yang cukup indahnya terdapat kerangka-kerangka batu menyerupai candi-candi mengitari Gua. Keindahan batu tampak terpancar dari batu-batu yang menempel disetian rongga Gua.

Tidak banyak yang tahu, Gua Singirgir terletak di Huta Repa Kelurahan Sipolha, kecamatan Pamatang Sidamanik kabupaten Simalungun.

Keindahan Gua Singirngir di Simalungun

Tempatnya cukup tersembunyi dilereng pegunungan (perbukitan) di huta Repa, menuju tempat ini sebenarnya tidak sulit, hanya saja akses jalan sedikit mendaki, dan harus berjalan kaki, karena jalan setapak masih dalam tahap pembangunan (perbaikan)

"Kita harapkan jalan setapak ini akan lebih baik, sehingga pengunjung bisa lebih nyaman datang ke Gua Singirngir ini,"ungkap Sabar Manik (65) tokoh masyarakat Huta Repa di pantai Larepa Beach, Minggu (15/11/2020).

Kata Sabar Manik, Di huta Repa ini juga bisa menikmati Pantai Pasir yang airnya cukup bersih dan jernih.

"Selain Gua Singirngir, pantai pasir putih juga dapat dinikmati di huta Repa ini, ada juga Gua atau Batu Margondang. Batu Margondang  mengeluarkan bunyi seperti suara Gondang,"ungkapnya.

Pengelola Larefa beach saat rapat peningkatan fasilitas Wisata di huta Repa.

Masih Banyak Potensi Wisata

Ditempat terpisah Parlindungan Manik dan sabar Sitinjak yang juga warga Refa menjelaskan, bahwa sebenarnya banyak potensi wisata di huta Refa ini, tapi karena akses jalan yang rusak, banyak wisatawan yang sulit melaluinya.

"Dulu tahun 2000an, kita sudah pernah mengakses jalan darat, agar wisatawan mudah menjangkau Gua Singirngir, tapi karena kurang rawatan dan beberapa kali tertimpa longsur jalan jadi tertutup. Ada beberapa GUa ditempat ini, kalau jalan sudah baik akan kita akses semua,"jelas Parlindungan Manik, bahwa pengunjung dapat mengakses Gua Singirngir dengan menyewa kapal motor dari Ajibata.

"Sekarang sudah bisa diakses, tapi harus mengunakan kapal motor dan sudah ada pengelolanya. Kita harapkan jalan setapak juga akan semakin baik, supaya pengunjung bisa berkunjung baik melalui kapal maupun jalan darat atau mengunakan sepeda motor,"harapnya.

Pantai Pasir Putih Larepa beach di Huta Repa kelurahan Sipolha.

Pantauan lintaspublik.com Gua Singirngir cukup indah, masuk ke gua ini cukup sempit, tapi kelihatan didalam cukup luas, dan masuk ke Gua ini harus mengunakan lampu penerangan, dan diharapkan pengunjung berhari-hari, karena didalam Gua bebatuan banyak yang tajam disarankan anda memakai helm.

"Kita harapkan pengelola menyediakan helm ringan, karena menjaga kepala dari benturan batu-batu tajam,"kata Simsim Sitohang dari kru Danau Toba Center.

Dibuka Untuk Umum

Alarodo Manik kordinator pengelola Larefa Beach mengatakan, fasilitas-fasilitas menuju Gua Singirngir semakin dilengkapi.

"Perlengkapan menuju Gua akan semakin dilengkapi baik genset (penerangan) dan perlengkapan keselamatan pengunjung diatas kapal (*pelamping). Kami juga membuka paket kunjungan melalui paket wisata tujuannya Pantai Larefa Beach, Gua Singirngir, Batu Margondang dan tempat lainya di Huta Refa ini,"jelas Alarodo, bahwa Gua Singirngir sudah layak dikunjungi untuk umum dan keluarga.


Penulis   ; tagor
Editor     : tagor







Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.