Header Ads

Profil Joe Biden yang Kalahkan Donald Trump di Pilpres AS 2020


LINTAS PUBLIK, Calon Presiden dari Partai Demokrat Joe Biden berhasil memenangkan pemilihan presiden (Pilpres) Amerika Serikat 2020. Ia memperoleh suara sebanyak 290 electoral votes dan mengalahkan pesaingnya, Donald Trump.


Adapun, dari data penghitungan di Fox News, Biden meraih 49,7 persen suara. Angka ini berbeda tipis dari Trump yakni 49,2 persen suara sehingga menjadikan persaingan sengit di antara mereka.

Berikut profil Joe Biden:

1. Pendidikan

Pemilik nama lengkap Joseph Robinette Biden Jr lahir dan besar dari pasangan Joseph Robinette Biden Sr dan Catherine Eugenia (Finnegan) Biden. Ia lahir di Pennsylvania pada 20 November 1942.

Joe Biden diketahui menempuh dua pendidikan, yakni pertama di University of Delawere pada tahun 1965. Kemudian, tiga tahun berselang melanjutkan di Syracuse University Law School.

2. Keluarga dan Masa Kecil

Joe Biden lahir dari keluarga yang menganut agama Katolik Roma. Ia merupakan anak sulung dari empat bersaudara. Saat muda, Joe Biden diketahui mengalami gangguan berbicara, yakni gagap.

Hal itu ia alami hingga duduk di bangku SMA. Akhirnya, ia berlatih di depan cermin selama beberapa bulan dan berhasil melewati tantangan tersebut sehingga lancar berbicara.

3. Kehilangan Istri dan Anak

Pada tahun 1966, Joe Biden menikah dengan Neilia Hunter. Dari pernikahan tersebut, ia dikaruniai tiga orang anak, yakni Joseph Robinette (Beau), Robert Hunter, dan Naomi Christina.

Sayang, di tahun 1972 sang Istri dan anaknya, Naomi meninggal dunia karena kecelakaan. Anaknya yang lain Beau dan Hunter mengalami luka-luka parah dalam kejadian tersebut.

Pada tahun 1977 ia menikah kembali dengan seorang guru bernama Jill Jacobs yang sekarang dikenal sebagai Jill Biden. Dari pernikahan itu, ia dikaruniai anak bernama Ashley.

4. Dampingi Obama Jadi Wapres AS

Sebelum maju sebagai calon Presiden AS 2020, Joe Biden pernah menjabat sebagai wakil presiden Amerika mendampingi Barack Obama. Joe dan Obama berhasil menjabat selama dua periode.

Mereka berdua dikenal karena persahabatannya yang erat. Bahkan, Obama sering menyebut Biden sebagai 'saudaranya' sehingga hubungan kerja antara mereka berdua sukses.

5. Maju sebagai Presiden AS 2020

Joe Biden akhirnya memutuskan kembali ke ranah politik dari sebelumnya memutuskan mundur dari pencalonan sebagai presiden AS di tahun 2015 silam. Hal itu dikarenakan anaknya, Beau meninggal dunia akibat kanker otak.

Di tahun 2020 akhirnya Joe Biden naik panggung politik kembali sebagai calon Presiden Amerika Serikat. Kali ini ia berpasangan dengan Kamala Harris dan berhasil memenangkan pilpres.

Selamat!


sumber   : det


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.