Header Ads

Tenang Menghadapi Penyakit Bersama JKN-KIS


LINTAS PUBLIK-SIANTAR, Memasuki usia senja, tentunya membuat masyarakat berpikir untuk memiliki jaminan kesehatan untuk meng-cover kesehatannya jika sewaktu-waktu jatuh sakit. 

Hal ini dirasa sangat penting untuk meringankan beban finansial keluarga jika sakit. Begitu juga yang dialami oleh Lokot Harahap (75). Pria paruh baya ini mengatakan bahwa sejak awal lahirnya BPJS Kesehatan di tahun 2014 lalu, dirinya sudah mendaftar sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) segmen Pekerja Bukan Penerima upah atau  peserta mandiri. 

 Lokot Harahap

Motivasi Lokot Harahap untuk mendaftar selain kesadaran sendiri akan pentingnya JKN-KIS, juga karena adanya dorongan dari anak-anak karena manfaat yang diberikan akan meringankan beban biaya pengobatan di kala sakit. 

“Dari tahun 2016 saya pernah mengalami kecelakaan tunggal saat mengendarai sepeda motor dan langsung saja dibawa ke RS Horas Insani Pematangsiantar, untuk mendapatkan pertolongan pertama. Namun karena  mengalami luka yang sangat serius sampai mengalami patah tulang, saya dirujuk ke RS Marta Friska Medan untuk dilakukan operasi pemasangan pen dan harus menjalani rawat inap kurang lebih selama 1 bulan. Beruntung saja ada JKN-KIS, saya jadinya hanya fokus kepada pemulihan kesehatan, karena untuk biaya pengobatan diurus oleh BPJS Kesehatan,” ungkap Lokot kepada, Kamis lalu (5/11/2020).

Pada saat mendapatkan pelayanan di RS, Lokot mengaku dilayani sangat baik oleh petugas medis baik itu di RS Horas Insani maupun di RS Marta Friska. Kemudian yang terpenting selama menjalani perawatan, Lokot tidak ada diminta biaya tambahan apapun oleh pihak RS.

‘’Saya berharap agar Program JKN-KIS ini dapat terus ada untuk masyarakat yang membutuhkan, dan berharap semakin banyak masyarakat yang merasa diringankan bebannya tanpa harus memikirkan biaya pengobatan jika mengalami sakit,”kata Pria yang sehari-hari bekerja sebagai pedagang di Pasar Tradisional Kota Pematangsiantar ini.

Ia pun mengimbau masyarakat untuk segera mendaftarkan diri dan keluarga ke Program JKN-KIS selagi sehat. Menurutnya, selain persyaratannya yang mudah, pelayanan yang diberikan juga sangat cepat dan nyaman. Ia juga menyampaikan bahwa masyarakat pun harus rajin bayar iurannya supaya orang lain bisa tetap menikmati dan mendapatkan layanan Progam JKN-KIS ini. 


Penulis   : franki
Editor     : tagor


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.