Header Ads

Trump Menyampaikan Pidato Kemenangan di Gedung Putih


LINTAS PUBLIK, Donald Trump  sebagai calon Presiden (capres) incumbent (sedang berkuasa) telah menyampaikan pidato kemenangan di Gedung Putih dan mendeklarasikan diri sebagai pemenang dalam Pemilu Presiden (Pilpres) AS 2020. 


"Sejujurnya kami telah memenangi pemilihan ini," kata Trump  di Gedung Putih saat mengumumkan kemenangannya.

 Padahal penghitungan suara antara Trump dengan lawannya Joe Biden masih berlangsung. "Jelas kami sudah menang di Georgia dan North Carolina. Kita menang di Pennsylvania dengan jumlah luar biasa," tambah Trump seperti dikutip BBC,  Selasa (4/11).

Trump juga mencemooh adanya kecurangan dalam pelaksanaan Pilpres AS kali ini. "Ini  memalukan negara kita," ujar Trump yang juga berencana kecurangan tersebut  ke Mahkamah Agung.

Donald Trump diproyeksikan menang di Florida dan Texas, namun rivalitas masih berlangsung di negara bagian kunci lainnya, seperti Georgia, Pennsylvania, Wisconsin, Michigan, Arizona, dan North Carolina.

Sejumlah media AS yang dilansir dari AFP pada Rabu (4/11/2020), memproyeksikan kemenangan untuk capres petahanan Partai Republik sejauh ini berada di 23 negara bagan, meliputi Florida dan Texas, serta Indiana, Kentucky, Missouri, dan Ohio, semua negara bagian yang dia menangkan pada 2016 lalu.

Sementara, Biden unggul di 20 negara bagian termasuk negara bagian asalnya Delaware, lalu California, New York, serta ibu kota AS. Mantan wakil presiden AS ini, telah membalikkan satu negara bagian yang dimenangkan oleh Trump pada 2016, yaitu Arizona, di barat daya

Sementara itu, di Delaware, Joe Biden mengatakan keyakinannya akan memenangi pilpres AS. Rasa optimis itu disuarakan Biden saat saat berpidato di depan pendukungnya di Wilmington, Delaware, Rabu.

Biden mengatakan bahwa dia tahu penghitungan suara akan berlangsung lama karena kendala yang dihadapi dalam kondisi pandemi virus corona. Meski begitu dia mengatakan bahwa dia merasa yakin dengan posisi saat ini bahwa dia akan memenangi pemilihan presiden AS.


sumber   : posk


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.