Header Ads


Beberkan Kinerja 2020, Imigrasi Kelas II Pematangsiantar Dapat Dua Penghargaan


LINTAS PUBLIK - SIANTAR, Penyerapan anggaran  kinerja Kantor Imigrasi Kelas II Pematangsiantar mencapai 93 persen. 

Demikian disampaikan Viktor Manurung Kepala Kantor (Kakan) Imigrasi Kelas II Pematangsiantar kepada media Rabu,( 30/12/2020) dikantor Imigrasi Kelas II Pematangsiantar sekitar pukul 09.30 Wib.

Diakui Viktor Manurung, akibat Pandemi Covid-19 capaian kinerja Kantor Imigrasi Kelas II Pematangsiantar menurun sangat drastis  khususnya dalam penerbitan paspor.

Viktor Manurung Imigrasi Kelas II Pematangsiantar saat menjelaskan kinerja 2020.

"Paspor yang diterbitkan sampai 30 oktober 2020 untuk 48 halaman sebanyak 6.087 paspor, 24 halaman sebanyak 7 paspor, pelayanan haji 446 paspor dan penundaan terkait TKI non prosedural sebanyak 6 permohonan. Sementara permohonan tahun 2019 mencapai 23.158 paspor, jadi penurunan mencapai 74 porsen."katanya.

Lebih jauh Viktor menjelaskan, Pada tanggal 30 Desember 2020, satu orang asing terpaksa di deportasi melalui bandara kuala namu karena melanggar izin tinggal, yakni warga negara malaysia atas nama Hew Sew Yuan yang masuk ke indonesia pada bulan februari 2020.

“Yang bersangkutan melanggar UU No 6 tahun 2011 pasal 78 tentang keimigrasiaan yakni orang asing pemegang izin tinggal yang telah berakhir masa berlakunya dan masih berada di wilayah Indonesia lebih dari 60 hari dan batas waktu izin tinggal, di kenakan sangsi administrasi berupa deportasi dan penangkalan” ungkapnya.

Pada kesempatan itu Viktor juga menjelaskan, ada warga Myanmar yang ditahan karena melanggar keimigrasian.

"Ada warga berkebangsaan Myanmar San Wing Naing yang masuk ke Indonesia pada 13 Maret 2020 dan ditahan karena melanggar pasal 78 (3) UU  No 6 tahun 2011 tentang keimigrasian serta seorang warga Italia, terpaksa di amankan dan di tahan karena membuat keributan, berkeliaran dan melakukan perbuatan yang membahayakan."ungkapnya.

Membuat Kebijakan

Untuk meningkatkan kinerja, Viktor manurung sebagai pimpinan Kantor Imigrasi Kelas II Pematangsiantar membuat layanan Eazy paspor. Eazy Pasport menurutnya berhasil dan disambut antusiar warga.

"sebanyak enam kegiatan diantar 10 kabupaten/kota wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas II Pematangsiantar dengan menyurati instansi pemerintah dan swasta serta hasilnya di KPKNL pematangsiantar ada 16 pemohon."jelasnya.

Ada juga dibeberapa tempat pihak Imigrasi Pematangsiantar harus jemput bola.

"Bea Cukai Kota Pematangsiantar ada 12 pemohon, PT Sarulla Operation Tapanuli Utara 55 pemohon, Pengadilan Negeri Siantar 15 pemohon; Yayasan Sultan Agung Kota Pematangsiantar 205 pemohon dan Alvina Hotel 26 pemohon."terangnya.

“Disamping itu juga kami melakukan pelayanan paspor simpatik di waktu libur pada Sabtu dan Minggu sebanyak dua kegiatan. Juga kita biat tempat pemeriksaan imigrasi di bandara silangit selama Covid-19 dan tidak ada orang asing yang datang maupun berangkat sampai sekarang karena locdown, berdasarkan hasil rekapitulasi perlintasan Bandara Silangit kedatangan WNI  820 orang dan Warga Negara Asing (WNA) 1.810 orang,"jelasnya lagi.

Masih kata Viktor, terkait tenaga kerja asing yang tersebar di wilayah kerja Imigrasi Pematangsiantar, sampai saat ini berjumlah 150 orang. Diantaranya warga negara Amerika Serikat 1 orang, Bangladesh 1 orang, China 97 orang, India 6 orang, Jepang 17 orang, Kanada 1 orang, Filipina 3 orang, Honduras 1 orang, Korea Selatan 16 orang, Malaysia 5 orang , Nepal 1 orang, dan Peru 1 orang.

Pada kesempatan itu juga Viktor Manurung mengatakan, bahwa Kantor Imigrasi Kelas II Pematangsiantar tahun ini tidak lulus atau gagal sebagai Wilayah Bebas Korupsi (WBK). Hal ini karena saat itu dokumennya tidak lengkap dibuat pemimpin sebelumnya dan tahun ini sudah kami lengkapi.

“Tapi meski demikian kami masih mendapat penghargaan sebagai juara II terbaik se KPPN tentang Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (KPA) juga kami juara II pengamanan BMN terbaik se KPNL Pematangsiantar” ungkap Viktor.

Hadior dalam press reales itu, Kasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Ana Dianawati, Kasi Dokumen dan Izin Tinggal Indolas Reflesia, Kasubbag Tata Usaha Mariana Purba; Kasi Intelejen dan Penindakan Irwan Saut Siahaan dan Kasubbag informasi Hidayat Tanjung.


Penulis   : tagor
Editor     : tagor


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.