Header Ads


Biaya Pengobatan Terbantu karena JKN-KIS


LINTAS PUBLIK-SIMALUNGUN, Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) telah banyak dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

BACA JUGA  Batas Akhir 31 Desember, BPJS Kesehatan Cabang P.Siantar Bersama Alfamidi Sosialisasikan Program Relaksasi Iuran 

Darmawati

Salah satunya dirasakan oleh Darmawati Siallagan (58). Darmawati merasa sangat beruntung dan terbantu semenjak menjadi peserta JKN-KIS segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) Kelas II di tahun 2014 lalu.

Kepada wartawan Darmawati yang beralamat di Kelurahan Pematang menjelaskan bahwa dirinya dan keluarga sudah menjadi peserta JKN-KIS sejak tahun 2014 lalu dan telah merasakan banyak manfaat yang diberikan program JKN-KIS khususnya untuk berobat suaminya di fasilitas kesehatan.

“Suami saya ini menderita penyakit Lever yang sudah akut dan telah bolak-balik keluar masuk rumah sakit. Pernah saat itu paling lama harus menjalani rawat inap di rumah sakit hampir selama dua minggu. Tentunya jika harus membayar saya tidak tahu lagi berapa nominal yang harus saya bayarkan. Untung saja ada program JKN-KIS ini, kalau tidak ada sudah tidak tahu lagi bagaimana mengumpulkan dana untuk berobat suami saya ini. Setidaknya beban saya banyak berkurang karena kartu JKN-KIS ini,”ucap Darmawati yang kesehariannya berprofesi sebagai pedagang kaki lima ini.

Selain itu, Damawati juga merasa sangat puas dengan pelayanan yang diberikan oleh fasilitas kesehatan, baik itu di rumah sakit ataupun di Puskesmas. Jika harus mengantri, Darmawati mengatakan itu adalah hal yang wajar, karena program ini dinikmati oleh hampir seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

“Manfaat program JKN-KIS ini saya rasa sangat besar, karena dilihat dari sisi besaran iuran masih tergolong murah jika dibadingkan dengan cakupan biaya yang besar. Selama ini saya juga tidak pernah dipersulit dan tidak ada kendala dalam mengakses pelayanan kesehatan. kata Darmawati Jumat (4/12/2020).

Diakhir pertemuan, Darmawati mengutarakan harapannya untuk program JKN-KIS agar selalu berkesinambungan. Darmawati menambahkan bahwa program ini telah banyak membantu masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang berkualitas.

"Sebagai peserta JKN-KIS, saya banyak terbantu dan berterima kasih kepada pemerintah yang telah mensukseskan program JKN KIS ini. Kemudian pelayanan yang saya terima sudah sangat baik, hendaknya seluruh fasilitas kesehatan dapat terus memberikan pelayanan yang prima dan sepenuh hati kepada pasien untuk dapat meningkatkan layanan program JKN-KIS yang lebih optimal," tutupnya.


Penulis   : franki
Editor     : tagor


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.