Header Ads


KPU Siantar Tetapkan Perolehan Suara Asner-Susanti Sebanyak 87.773


LINTAS PUBLIK-SIANTAR, Ketua KPU Pematangsiantar Daniel Manompang Dolok Sibarani didampingi 4 Komisioner lainnya menetapkan perolehan suara dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Pematangsiantar periode 2020 - 2024 di Sapadia Hotel Lantai VI, Jalan Diponegoro, Kelurahan Simalungun, Kecamatan Selatan, Rabu (16/12/2020).

KPU Siantar Tetapkan Perolehan Suara Asner-Susanti Sebanyak 87.773

Berdasarkan hasil rapat pleno terbuka rekapitulasi tingkat kota, Pasangan Calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ir.Asner Silalahi MT dan dr.Susanti Dewayani (PASTI) memperoleh suara sebanyak 87.773. Sedangkan kolom kosong sebanyak 25.560 dan suara tidak sah sebanyak 1.926.

"Jumlah pengguna hak pilih yang hadir di TPS sebanyak 115.219. Artinya dari sini dapat kita ukur bahwa partisipasi pemilih di Kota Pematangsiantar sebanyak 62,98 persen. Lalu pemilih disabilitas sebanyak 108 yang menggunakan hak pilihnya," jelasnya.

Pasca ditetapkannya hasil rekapitulasi ini, kata Daniel, langkah selanjutnya adalah mengumumkan pemenang Pilkada. Namun jika ada hal yang hendak dikoreksi dari penetapan hasil pemungutan suara, diberikan waktu tiga hari kerja kepada Lembaga Pemantau dan saksi Paslon meregistrasikannya ke Mahkamah Konstitusi

"Kita persilahkan kepada Lembaga Pemantau dan saksi Paslon, jika ada hal yang mau dikoreksi dari hasil rekapitulasi ini silahkan mendaftarkan atau meregistrasikannya di Mahkamah Konstitusi. Namun jika tidak ada gugatan, 5 hari setelah pengumuman dari Mahkamah Konstitusi kita akan menetapkan pasangan calon terpilih di Kota Pematangsiantar," ucapnya.

Berkaitan dengan penetapan hasil rekapitulasi tingkat Kota ini, Calon Wali Kota Pematangsiantar Ir.Asner Silalahi secara terpisah menyampaikan rasa terimakasihnya kepada masyarakat karena memberikan kepercayaan untuk memimpin Kota Pematangsiantar. Tak lupa, Asner Silalahi juga sangat berterimaksih kepada seluruh Komisioner KPU, PPK, PPS dan KPPS, juga ke Baswalu maupun Panwas atas seluruh kerja kerasnya sehingga penyelenggaraan Pilkada berjalan baik dan sukses.

"Saya pribadi sangat berterimakasih pada Polres Pematangsiantar dan TNI serta semua yang terlibat dalam menjaga keamanan pelaksanaan Pilkada," katanya dengan meminta doa dan dukungan dari seluruh lapisan masyarakat agar kelak dapat menjalankan roda pemerintahan yang baik sehingga Siantar lebih maju dan mantap.

Adapun hasil rekapitulasi tingkat kota ini dihadiri masing-masing Komisioner KPU dan Saksi dari Paslon serta Bawaslu.

 
Penulis : franki
Editor  : tagor

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.