Header Ads


Patung Nommensen di Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar


 LINTAS PUBLIK - SIANTAR, Ludwig Ingwer Nommensen (di daerah Batak dikenal sebagai Ingwer Ludwig Nommensen atau I.L. Nommensen; lahir di Nordstrand, Denmark (kini Jerman), 6 Februari 1834 – meninggal di Sigumpar, Toba Samosir, 23 Mei 1918 pada umur 84 tahun) adalah seorang penyebar agama Kristen Protestan di antara suku Batak, Sumatra Utara.

yang berasal dari Jerman, tetapi lebih dikenal di Indonesia.Hasil dari pekerjaannya ialah berdirinya sebuah gereja terbesar di tengah-tengah suku bangsa Batak Toba yaitu Huria Kristen Batak Protestan (HKBP).

BACA JUGA  Pdt Dr Robinson Butarbutar MA Ephorus HKBP Terpilih, Ini Profilenya

Patung Dr IL Nommensen di komplek kampus Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar.

Nommensen meninggal pada tanggal 23 Mei 1918, pada umur 84 tahun. Nommensen kemudian dimakamkan di Sigumpar, di tengah-tengah suku Batak, setelah bekerja demi suku ini selama 57 tahun lamanya.

Strategi misi yang dikembangkan Nommensen ialah mengubah strategi penginjilan awal yang menekankan konversi perorangan dengan mengembangkan strategi yang menekankan konversi kelompok baik keluarga (mencakup keseluruhan anggota keluarga sebagai satu kesatuan) maupun keseluruhan komunitas kepada iman Kristen.

Untuk mewujudkan hal itu, Nommensen membuka pos penginjilan (Missionsstation) baru (termasuk sekolah) dengan tujuan menjalin hubungan baik dengan pemuka raja-raja setempat.

Para raja inilah yang menentukan berhasil atau tidaknya usaha misi karena mereka merupakan tokoh yang sangat berpengaruh di tengah-tengah masyarakatnya (sumber wikipedia)

Untuk menghormati jasa-jasanya di bidang pendidikan, Patung Dr IL Nommensen didirikan dihalaman depan komplek kampus Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar.

Informasi yang dirankum redaksi, Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi meresmikan Taman Hijau dan Patung Dr IL Nommensen di komplek kampus Universitas HKBP Nommensen, Jalan Sangnaualuh Damanik Pematangsiantar, Jumat (4/12/2020) siang. 

Turut menyaksikan peresmian tersebut, Walikota Pematangsiantar Dr H Hefriansyah SE MM diwakili Plh Sekretaris Daerah (Sekda) Pematangsiantar Kusdianto SH. Pembangunan Taman dan Patung Nommensen tersebut merupakan bantuan dari Pemerintah Provinsi Sumut melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

Inilah laporan Tagor Sitohang Reporter danau Toba Center Group media online www.lintaspublik.com, Minggu (13/12/2020) ada patung Nommensen di kota Pematangsiantar .

LIHAT VIDEONYA Patung Nommensen di Universitas HKBP Nommensen


Penulis   : tagor
Editor     : tagor

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.