Header Ads

Dibalik Lagu "Marparbue Ma Hamu" Ciptaan Asner Silalahi, Trio D'Silbers : Syair Berdasarkan Pustaha Batak


 LINTAS PUBLIK - SIANTAR, Lagu "Marparbaue Ma Hamu", menjadi lagu kenangan yang diciptakan Asner Silalahi walikota terpilih pilkada Siantar tahun 2020 yang telah meninggal dunia 13 Januari 2021.

Menurut Jamires Tambunan salah satu personil Trio D'Silbers pelantun "Marparbaue Ma Hamu" kepada lintaspublik.com Minggu lalu mengatakan, lagu itu di ciptakan tahun 2012.

Asner Silalahi semasa hidup (Jas hitam) bersama Trio D'Silbers/ist

"Lagu itu diciptakan tahun 2012, dan kami rekaman tahun 2015."kata Jamires Tambunan.

Kata Jamires lagu, lau itu diciptakan berdasarkan Alkitab dan buku pustaha batak (laklak batak).

"Abang bilang (Asner Silalahi), cukup lama untuk menciptakan lagu "Marparbue Ma Hamu". Karena bahan-bahan syairnya bersumber dari Alkitab dan buku pustaha batak. Lagu itu menceritakan bahwa kita harus bersyukur karena Tuhan baik bagi kita, dan kita harus berbuah (Marparbue) untuk sekitar kita,"ungkapnya.

Ada dua yang diciptakan Asner silalahi dalam album itu,  Marparbue Ma Hamu (Berbuahlah kalian) dan  dan Pinasahati Tuhan (Disampaikan Tuhan).

"Dua lagu yang diciptakan Asner Silalahi dalam album itu Marparbue Ma Hamu  dan  dan Pinasahati Tuhan, ada juga lagu yang dibawakan istrinya Juliati boru Sihombing dengan judul Margogohon Targiang  (Kekuatan Doa),"jelas Jamires, bahwa seluruh lagu yang diciptakan Asner Silalahi bertemahkan ucapan syukur atas karunia dan kasih Tuhan atas kehidupannya.

Lebih jauh Jamires Tambunan mengatakan, dalam lagu itu Asner menceritakan perjuangannya mengatrungi kehidupan, dan kesemuanya berkat doa dan perlindungan Tuhan.

"Dia (Asner Silalahi), menceritakan betapa dia berjuang dalam kehidupan, mulai dari pemuda, bekerja, sampai sukses, dan keinginannya membangun kampung halamannya sepuluh tahun yang lalu,"tuturnya.

"Jadi sudah lama dia menginginkan membangun kampung halamannya Siantar, sejak sepuluh tahun lalu. Tapi kehendak Tuhan yang jadi, dia "pergi" sebelum dilantik menjadi walikota Siantar. Selamat jalan abang naburju Asner Silalahi, Biarlah lagu ciptaan mu hidup dalam kenangan,"tutupnya.

Informasi yang dihimpun lintaspublik.com Trio D'Silbers diisi personilnya Jamires Tambunan, Andre Tambunan, dan Supriadi Silalahi. Saat ini personil D'Silbers atau Silalahi Bersaudara tinggal di pulau jawa, ada yang di tinggal dibogor, Cibinong, jakarta.

Untuk diketahui Asner Silalahi merupakan Wali Kota Pematangsiantar terpilih pilkada kota Pematangsiantar Rabu9 Desember 2021. Asner maju bersama Susanti Dewayani. Mereka merupakan calon tunggal. Asner-Susanti mendapat 87.733 suara pada pilkada kota Siantar itu. Asner Silalahi tutup usia 59 tahun, dan dimakamkan dipemakaman keluarga di Huta Turunan Bah sampuran Tigabata kabupaten simalungun


Penulis   : tagor
Editor     : tagor


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.