Header Ads

Menanti Gebrakan Kapolri Baru


LINTAS PUBLIK, Jenderal Listyo Sigit Prabowo resmi menjadi pemegang tampuk pimpinan Kepolisian Republik Indonesia setelah dilantik oleh Presiden Joko Widodo, Rabu (27/1/2021). Listyo menggantikan Jenderal Idham Azis yang memasuki pensiun beberapa hari ke depan.

Semua kalangan berharap Listyo bisa membawa Polri lebih baik lagi.

Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam pelantikannya sebagai Kapolri. (ist)

Pejabat lama, Idham Azis ketika serah terima jabatan di Mabes Polri kemarin menyatakan ia optimistis Polri akan lebih baik lagi di bawah kepemimpinan Listyo. Terlebih visi dan misi yang disampaikan Listyo di hadapan Komisi III DPR RI saat fit and proper test, didukung dan disetujui oleh anggota Dewan.

Visi dan misi yang disampaikan Listyo memang menarik untuk disoroti dan membawa harapan baru. Transformasi Menuju Polri yang Presisi. Itulah tagline yang diusung Listyo ketika memaparkan visi misinya di hadapan anggota Dewan.

Mantan ajudan Presiden Jokowi ini berkomitmen akan menegakkan hukum secara humanis namun tegas, berkeadilan dan menghormati hak azazi manusia (HAM). Dia juga berkomitmen menegakkan hukum secara transparan dan tak ada lagi praktik tebang pilih.

Listyo berjanji tak ada lagi istilah hukum tajam di bawah dan tumpul di atas.

Mampukah Listyo mengubah wajah Polri yang selama ini kerap dipandang buruk oleh masyarakat? Mampukan Kapolri baru membangun kepercayaan (trust building) di tengah krisis kepercayaan masyarakat terhadap korps kepolisian, dan akankah Listyo mewujudkan janji dan komitmennya?

Keraguan masyarakat akan  terjawab dengan langkah nyata yang dilakukan Polri sesuai dengan komitmen Kapolri baru. Begitu besar ekspektasi masyarakat terhadap Polri, dan ini tantangan bagi Listyo Sigit.

Dalam paparan visi dan misi di DPR, lebih kepada teoritis bagaimana transformasi Polri yang Presisi. Dengan jumlah personel 470 ribu orang yang tersebar di seluruh pelosok negeri, Kapolri baru  menghadapi berbagai tantangan ke depan. Publik kini menanti gebrakan Listyo untuk merealisasikan komitmennya, dan membawa perubahan wajah Polri. Selamat bertugas.


sumber   : posk 


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.