Header Ads

Pasca Digeruduk Warga, Oknum ASN Dinas Koperasi Tidak Masuk Kerja dan Pergi ke Dumai


LINTAS PUBLIK-SIANTAR, Pasca digeruduk sejumlah warga ke Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan pada Selasa lalu (26/1/2021) untuk meminta uangnya kembali, Hermansyah yang menjabat kepala seksi di dinas tersebut tidak masuk kerja dan pergi ke Dumai.

Plt.Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan, Jadimpan Pasaribu, SH

Hal ini disampaikan Plt.Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kota Pematangsiantar, Jadimpan Pasaribu S.H, Rabu (27/1/2021) saat diwawancarai wartawan. 

Mengenai kepergian anggotanya tersebut ke Dumai, untuk mencari dana dan memulangkan uang yang telah dikutip kepada warga.

"Hari ini tidak masuk kerja, pergi ke Dumai untuk mencari dana,"kata Jadimpan.

Pungutan yang dilakukan kepala seksi Hermansyah itu dengan iming-iming mendapatkan bantuan UMKM dari Pemerintah, kata Jadimpan, merupakan tindakan pribadi dan bukan membawakan nama dinas.

"Memang tadi pagi ada 5 orang datang kepada saya. Ada boru Panjaitan, marga Munthe. Mereka mengatakan tidak ada membawa nama dinas. Dapat dilihat dari surat pernyataan Hermansyah kepada warga yang dikutip uangnya akan menyelesaikan secepat mungkin,"ucap Jadimpan.

Terkait besaran uang yang dikutip Hermansyah kepada warga bervariasi, ada dikutip Rp 35 juta, dikutip Rp 30 juta, dikutip Rp 5 juta dan Rp 2 juta.

"Tadi pengakuan marga Munthe sudah dipulangkan uangnya Rp 5 juta. Ini lagi kita cari tahu siapa-siapa saja yang dikutip,"ucap Jadimpan.

Ketika ditanyakan apakah persoalan ini sudah diketahui Walikota dan Pj Sekda, Jadimpan mengatakan belum.

"Walikota dan Pj Sekda belum tahu ini. Karena persoalan pungutan baru muncul kemarin. Yang pasti bila anggotanya terbukti membawakan nama dinas, akan diproses sesuai ketentuan administrasi kepegawaian yang berlaku,"tutup Jadimpan.

Sebelumnya Hermansyah yang sempat dikonfirmasi terkait hal itu membenarkan perbuatannya. Ia mengaku khilaf, dan berjanji akan menyelesaikan dana yang dipungutnya dari warga tersebut, hari ini.

“Tadi sudah kita sampaikan, akan dikembalikan hari ini. Dan sisannya akan dilunasi akhir bulan,” ucap Hermansyah yang juga mantan Lurah Sumber Jaya di Kecamatan Siantar Martoba.


Penulis   : franki
Editor     : tagor


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.