Header Ads


Rektor Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar : SDM Penggerak Tuntutan Perubahan Zaman


LINTAS PUBLIK-SIANTAR, Perkembangan teknologi yang semakin cepat membuat banyak perubahan, termasuk cara mengakses informasi, pengetahuan, sistim kerja, pola pikir dan gaya hidup manusia. Institusi pendidikan (perguruan tinggi) yang mempersiapkan sumber daya manusia pun ikut serta dalam kemajuan teknologi. 

Rektor Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar (UHKBPNP) Prof.Dr.Sanggam Siahaan, M.Hum

Rektor Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar (UHKBPNP) Prof.Dr.Sanggam Siahaan, M.Hum mengatakan era disrupsi memantik setiap orang untuk terus berbenah agar tak terlindas perubahan zaman. Sebagai contoh kata Sanggam, dosen atau guru dalam melangsungkan pembelajaran sejalan perkembangan teknologi dituntut mampu menciptakan perubahan pola pembelajaran. Kemampuan mengembangkan model pembelajaran baru dapat dilakukan dengan ketersediaan sumber daya manusia (SDM) penggerak. 

“Jadi, dosen atau guru penggerak tidak hanya menggurui dan ceramah menyampaikan ilmunya. Melainkan, dia banyak belajar dari peserta didik, melontarkan pertanyaan dan tidak malu bila kemampuan anak atau mahasiswa melampauinya,” kata Sanggam, Rabu (27 Januari 2021).

SDM penggerak merupakan kemampuan melakukan sesuatu diluar hal yang biasa atau dengan kata lain ujar Sanggam menjadi agen perubahan atau mampu berpikir dan bertindak out of the box. 

“Dalam SDM penggerak terdapat, berpikir kritis dan solutif. Kemudian kemampuan berkomunikasi, kreasi, inovasi dan kolaborasi,” ujarnya. 

Selain keunggulan dalam SDM penggerak, abad 21 yang erat kaitannya dengan industri 4.0 menuju masyarakat 5.0, lapangan pekerjaan juga membutuhkan karakter SDM penggerak yang memiliki rasa ingin tahu, inisiatif, persistensi (tekun) atau pantang menyerah, adaptasi, kepemimpinan dan kesadaran budaya yang memahami adanya keberagaman. 

“SDM penggerak sejalan dengan SDM yang unggul dan berdaya saing,” pungkas Sanggam. 

SDM penggerak membutuhkan merdeka belajar-kampus merdeka. Sehingga lulusan atau SDM yang dihasilkan perguruan tinggi punya keunggulan memasuki dunia kerja.


Penulis    : franki
Editor      : tagor


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.