Header Ads


Dikunjungi DPP Sitohang, Pengurus Sitohang di Siantar Siap Jalankan Program


 LINTAS PUBLIK – SIANTAR, Dalam rangka meningkatkan program kerja, dan kesamaan persepsi memajukan organisasi Punguan Sitohang Dohot Boruna (PSB) se-dunia, DPP  PSB mengunjungi keluarga besar Sitohang di kota Pematangsiantar.

"Pengurus baru Sitohang sudah terpilih dalam Mubes PSB Se Indonesia yang ditetapkan pada 18 April 2021, dengan itu ada tona (pesan) bahwa seluruh anggota PSB se Indonesia harus terdaftar pada keanggotaan PSB,"kata Kompol Baginda Sitohang, SH Ketua II DPP PSB Se Indonesia saat menemui keluarga besar Sitohang kota Siantar di jalan DI Panjaitan Pematangsiantar, Jumat (14/5/2021).

BACA JUGA Forum Literasi Dilantik Walikota Siantar, Ini Harapan Tagor Sitohang, SH Terhadap Dosen dan Guru

Dikunjungi DPP Sitohang, Pengurus Sitohang Siap Jalankan Program

Menurut Kompol Baginda Sitohang, untuk Sinerginya kepengurus dari Pusat sampai daerah, maka diharapkan ada kesamaan langka, termasuk model dan nama kepengurusan.

"Model kepengurusan harus ada kesamaan, jadi nama pengurus pusat dan daerah harus ada kesamaan namanya, tinggal menunjuk status kepengurusan daerahnya. Dengan catatan, bahwa yang telah terdaftar di PSB, haruslah terdaftar di PSSAB,"ungkap Kompol Baginda Sitohang.

Dalam pertemuan itu Sangkot Sitohang, S.Si, MPd Ketua Punguan Opung Raja Pangaribuan Sitohang kota Pematangsiantar didampingi  Tagor leo sitohang, SH (sekretaris) dan  Ir. Syarifuddin Ompusunggu (Bendahara) akan segera mengkonsolidasikan hal keputusan Mubes Sitohang No : SK-01/DPP-PSB/IV/2021 Tentang kepengurusan PSB seluruh Indonesia.

"Untuk kepengurusan PSB di kota Siantar kami siap mengkonsolidasikan kepada anggota, semoga program DPP PSB nantinya dapat berjalan sampai ketingkat daerah,"kata Sangkot Sitohang, bahwa untuk kemajuan Marga Sitohang,  keluarga besar Sitohang kota Pematangsiantar mendukung program-program DPP PSB.

"Yang pastinya kota Siantar mendukung program dari DPP PSB, baik kelembagaan, usaha, pendidikan hukum, sampai pada pemberian bea siswa kepada pomparan Sitohang yang berprestasi,"jelas Sangkot Sitohang, bahwa keanggotaan Marga Sitohang di kota Siantar ada 150 kepala keluarga.

Turut hadir dalam pertemuan itu penasehat dan Pembina PSB Sitohang kota Pematangsiantar Sitohang St. Drs. Mauruddin Sitohang, MPd (A.Thomson), Amir Sitohang (Op.David),  A. Sitohang (Op.Sopia), Ipda Pritsel Sitohang (A.David), Dra. Tetty Bertha Sitohang, M.Si, dan Andrew Sitohang (Bid. Kepemudaan).

Pada kesempatan itu Mauruddin Sitohang menambahkan, sebagai lembaga marga Sitohang dan orang batak, Sitohang juga harus berperan aktif memajukan bona pasogit, baik pendidikan, budaya dan sejarah batak.

"Mari kita dukung program DPP PSB yang telah direncanakan, mari kita sama-sama memajukan bona pasogit, memajukan budaya batak, dan sejarah  batak untuk dilanjutkan pomparan (keturunan), atau generasi muda batak selanjutnya,"jelasnya.

Adapun pengurus DPP PSB tahun 2021 - 2026 adalah Ir. Mudaman Sitohang (Ketua Umum), Janto Sitohang, S.Kom (Ketua I), Kompol Baginda Sitohang, SH (Ketua II), Bosman Sitohang (Ketua III), Sekretaris Jenderal Ir. Tua Sitohang, Sekretaris Parlin Sitohang, ST, Bendahara Umum  Ir. Raya P. Samosir, Wakil Bendahara Umum Bernard Hutapea ditambah Ketua bidang yang ditandatangani Dewan Pembina PSB Se Indonesia Irjen Pol (P) Ricky Herbert P Sitohang, SH, MH.

Silsilah Marga Sitohang

Dari silsilah yang banyak digunakan orang Batak Toba, Ompu Tuan Situmorang adalah anak kedua dari Siraja Lontung dari isterinya Siboru Pareme. Marga-marga Batak Toba, yang ada saat ini dikelompok menjadi dua yaitu Sorbadibanua (Sumba) dan Lontung.

Marga Sitohang merupakan keturunan Ompu Raja Pangaribuan, yang merupakan anak kedua dari Ompu Tuan Situmorang.

Berikut ini adalah silsilah marga Sitohang ditarik dari Op. Tuan Situmorang:

I. Op Tuan Situmorang anaknya dua: 1.Panoparaja 2.Op. Pangaribuan

II.1. Panoparaja anaknya dua: 1.Ompuniambolas, dan 2.Parhujobung

II.2. Op. Pangaribuan anaknya satu: 1. Raja Babiat

III.1 Ompuni Ambolas anaknya dua: 1. Lumban Pande 2. Lumban Nahor

III.2 Parhujobung anaknya juga dua: 1.Suhutnihuta, dan 2.Tuan Ringo.

III.3. Raja Babiat anaknya tiga: 1. Dorimangambat (Sitohang Uruk), 2. Raja Itubungna (Sitohang Tonga-tonga), dan 3. Ompu Raja Bona Nionan (Sitohang Toruan)

Perhitungan nomor silsilah keturunan Sipitu Ama khususnya marga Sitohang biasanya dimulai dari generasi keempat dari mana dia berasal. Saat ini nomor generasi keturunan marga Sitohang yang masih hidup adalah antara nomor 14-19.

LIHAT JUGA MARS SITOHANG 



Penulis : tagor
Editor : tagor


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.