Header Ads


Alami Pneumonia, Seluruh Biaya Pengobatan Burhan Ditanggung Program JKN-KIS


LINTASPUBLIK-SIANTAR,Pneumonia merupakan salah satu penyakit yang berbahaya karena menyerang salah satu organ vital manusia yaitu paru-paru disebut juga dengan paru-paru. Penyakit ini merupakan infeksi yang terjadi di saluran pernafasan dan dapat menyebabkan radang maupun adanya cairan. Gejala yang dialami oleh penderita biasanya adalah sesak napas, batuk berdahak dan demam. 

LIHAT VIDIO Alami Kebutaan Holmes Siagian Akhirnya Berobat ke Medan

Alami Pneumonia, Seluruh Biaya Pengobatan Burhan Ditanggung Program JKN-KIS

Penyakit ini dialami Burhan Saragih (66) seorang pria asal Kota Pematangsiantar. Dirinya didiagnosa oleh dokter menderita Pneumonia setelah mengikuti serangkaian pemeriksaan medis di RS Vita Insani Pematangsiantar.

Didampingi putrinya bernama Tika Saragih (24), Tika menceritakan  penyakit yang diderita Ayahnya. Tika mengungkapkan bahwa sebelum menjalani rawat inap sekarang ini, ayahnya mengalami muntah, demam disertai batuk dan sesak napas. Karena keadaan seperti itu, akhirnya ia  mengantarnya ke Rumah Sakit Vita Insani lantaran khawatir kondisi yang ia alami akan parah. 

Namun dirinya sangat beruntung karena ia sudah menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yaitu pada segmen Pekerja Bukan Penerima Upah Penyelenggara Negara (PBPU), sehingga biaya perawatan dijamin sepenuhnya oleh program JKN-KIS yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan. 

“Untung kami sekeluarga sudah sejak lama terdaftar sebagai peserta JKN-KIS, sehingga ayah saya sudah menjadi peserta JKN-KIS, seandainya belum menjadi peserta JKN-KIS, mugkin saya harus mencari dana untuk pembayaran rumah sakit,”kata Tika Senin lalu (14/6/2021).

Walaupun sebagai peserta JKN-KIS dirinya mengungkapkan bahwa pelayanan yang diberikan oleh pihak rumah sakit cukup baik. Dokter dan perawatnya serta petugas rumah sakit lainnya sangat ramah dan cepat.

Di akhir perbincangan, Tika mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak rumah sakit dan BPJS Kesehatan. Ia merasa sangat terbantu dengan sinergitas kedua belah pihak. Menurutnya program JKN-KIS ini dapat meringankan beban orang yang sedang menderita suatu penyakit.

“Karena kondisi Ayah saya sudah membaik, saya mengucapkan terima kasih kepada pihak rumah sakit dan BPJS Kesehatan. memang sangat banyak membantu masyarakat, khususnya dalam hal jaminan kesehatan. Saya berharap juga kepada  masyakarat yang belum mendaftar untuk sadar akan pentingnya menjadi peserta JKN-KIS sebagai jaminan kesehatan kita,” tutupnya.


Penulis    : franki

Editor       : tagor


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.