Header Ads


Harimau Sumatera Mangsa Dua Ekor Kambing Warga


LINTAS PUBLIK, Harimau Sumatera memasuki permukiman warga di Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, Riau, dan memangsa dua ekor kambing yang berada di kandang pada dua lokasi yang berbeda.

LIHAT JUGA Alami Kebutaan Holmes Siagiaan Diberangkatkan Ke Medan


Lokasi tempat ditemukannya bangkai kambing setelah dimangsa seekor harimau Sumatera di Riau.(Dok BBKSDA Riau)

"Berdasarkan pengamatan dari foto jejak, dipastikan binatang buas yang menyerang ternak warga tersebut adalah harimau Sumatera dan diperkirakan jumlahnya satu ekor," kata Kepala Bidang Koservasi Sumberdaya Alam (KSDA) Wilayah II, Balai Besar KSDA Riau, Heru Sutmantoro di Pekanbaru, Minggu (27/6/2021).

Dia mengatakan, keberadaan harimau Sumatera itu dilaporkan oleh penghulu Kampung pada Sabtu (26/6) dan kandang kambing telah dirusak harimau, di Desa Teluk Lanus, Siak, Riau.

Heru menyebutkan, Balai Besar KSDA Riau telah berkomunikasi secara intens dengan perangkat desa setempat dan telah menurunkan Tim Wildlife Response Unit ke lokasi pada hari Minggu (27/6).

"Diperkirakan tim tiba di lokasi malam hari dan akan melakukan pengumpulan bukti dan keterangan di tempat kejadian, pemasangan kamera trap, sosialisasi ke warga dan pemasangan rambu rambu peringatan. Upaya tindak lanjut menunggu hasil kamera trap dan perkembangan di lapangan," ujarnya.

Peristiwa yang sama juga pernah terjadi sebelumnya, seekor harimau bernama latin Panthera Tigris Sumatrae juga pernah muncul di Desa Teluk Lanus. Kucing besar itu terekam dalam video terlihat sedang melangkah di pekarangan rumah warga.

1Hewan predator itu juga memangsa seekor ayam milik warga dan peristiwa ini terjadi pada Maret 2021 dan informasi diterima pihak Balai Besar KSDA Riau pada awal April 2021. Lokasi munculnya hewan buas dilindungi itu masuk dalam lanskap Semenanjung Kampar yang memang merupakan habitat harimau Sumatera.

sumber  : ant 


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.