Header Ads


Operasi Hernia Joanda dan Pengobatan Lainnya Gratis Berkat JKN-KIS


LINTAS PUBLIK-SIANTAR, Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) telah banyak dirasakan oleh masyarakat Indonesia. Joanda Harman Thomson Marpaung (44) atau biasa disapa Joan merupakan peserta JKN-KIS segmen Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) Kelas III atau yang biasa disebut Peserta Mandiri yang telah memanfaatkan dan merasakan dari Program JKN-KIS.

LIHAT VIDIO Alami Kebutaan Holmes Siagian Akhirnya Berobat ke Medan

Operasi Hernia Joanda dan Pengobatan Lainnya Gratis Berkat JKN-KIS

Joan menceritakan di tahun 2020 lalu, ia merasakan ada muncul tonjolan atau benjolan di daerah kemaluannya dan membuat dirinya tidak nyaman. Kemudian ia memutuskan berobat di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) tempat ia terdaftar di Kabupaten Tapanuli Utara. Setelah menjalani pemeriksaan, diagnosa medis menyatakan bahwa ia mengalami penyakit hernia yang sudah parah. Atas indikasi medis itu, tidak lama kemudiaan ia dirujuk ke Rumah Sakit Tarutung.

Setelah dilakukan operasi Hernia tersebut,di tahun 2021 ternyata Joan  mengalami masalah di saluran pencernaan yaitu mengalami sakit luar biasa Ketika buang air kecil yang kemungkinan diakibatkan penyakit Hernia yang sempat dideritanya. Namun karena keterbatasan fasilitas laboratorium, Joan dirujuk ke RS Vita Insani Pematangsiantar untuk dilakukan pengobatan.

“Selama di RSUD Tarutung dan RS Vita Insani, saya merasa administrasinya mudah dan tidak dipersulit. Operasi pun berjalan lancar dan tidak ada kendala. Selama menjalani operasi dilayani oleh perawat dan dokter dengan sangat baik, cepat dan cekatan. Kamar operasi dan ruang rawat yang inap yang bersih merupakan citra rumah sakit dalam melayani pasien. Semua biaya pengobatan saya dikedua RS tersebut seluruhnya ditanggung oleh BPJS Kesehatan dan tidak membedakan peserta JKN-KIS atau pasien umum,” ungkap Joan Selasa lalu (15/6/2021).

Joan menambahkan bukan hanya dirinya yang telah merasakan manfaat besar dari program JKN-KIS ini. Istrinya pada tahun 2017 lalu sudah pernah menggunakan kartu JKN-KIS, dan harus menjalani operasi kelenjar Tiroid di RS Murni Teguh Medan. Pada saat itu, Joan pun merasakan sangat puas akan layanan yang telah didapatkannya dan juga seluruh biaya pun 100% ditanggung program JKN-KIS.

Ia berharap program JKN-KIS tetap terus ada dan baginya tidak masalah untuk selalu rutin membayar iuran. Menurutnya, sehat itu mahal harganya dan tidak tahu kapan datangnya, dengan memiliki JKN-KIS biaya pelayanan kesehatan akan terjamin.Pria yang kesehariannya sebagai pedagang makanan ini, memberikan apresiasi kepada Pemerintah karena telah banyak membantu ia dan keluarganya dalam melayani kesehatan.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah dan BPJS Kesehatan yang telah menjalankan program JKN-KIS, karena ini benar-benar sangat membantu bagi kami yang kurang mampu. Kalau tidak ada JKN-KIS ini, saya tidak tahu harus bagaimana. Saya juga mengajak masyarakat segera daftarkan diri, karena saya telah rasakan manfaatnya. Memiliki JKN-KIS kita tidak khawatir lagi akan biaya berobat,”tutup Joan.


Penulis    : franki

Editor      : tagor


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.