Header Ads


Perpustakaan Kota Medan miliki koleksi buku 25.704 judul


LINTAS PUBLIK, Wali Kota Medan Bobby Nasution menyebutkan perpustakaan daerah setempat memiliki total koleksi 25.704 judul, dan paling sedikit 7.000 judul di antaranya memenuhi standar nasional.


"Koleksi 25.704 judul ini terdiri atas buku, majalah, surat kabar, e-book, dan VCD/CD," ujar Bobby ketika menjawab pemandangan Fraksi Partai Gerindra terkait dengan koleksi pustaka dalam rapat paripurna di Gedung DPRD Kota Medan, Senin (7/6).

Rapat yang dipimpin Ketua DPRD Hasyim diikuti para wakil ketua DPRD, ketua fraksi, dan anggota dewan dengan agenda tanggapan kepala daerah terhadap pemandangan umum fraksi atas Ranperda tentang Penyelenggaraan Perpustakaan Kota Medan.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, kata Wali Kota, dewasa ini telah menyelenggarakan perpustakaan sesuai standar nasional di program kerja. Akan tetapi, sarana dan prasarana masih belum sesuai dengan standar perpustakaan kabupaten/kota.

"Bahkan, kedelapan pustakawan yang dimiliki Pemkot Medan masih kurang. Sesuai dengan standardisasi perpustakaan nasional, Kota Medan harus miliki 33 pustakawan. Namun, ke depan jumlah ini akan terus ditambah," katanya.

Ketika menjawab Fraksi PAN,dia mengatakan bahwa pihaknya berupaya menumbuhkan minat baca, salah satunya dengan menghadirkan e-book melalui aplikasi E- Pusda Kota Medan pada era digital ini. Akan tetapi, penyuluhan secara kontinu kepada warga mengingatkan pentingnya membaca buku cetak.

Agar warga kota dapat mengakses bahan bacaan versi digital, pihaknya telah menyediakan akses internet gratis di delapan perpustakaan cabang kelurahan.

"Melalui perpustakaan cabang ini, akses terhadap informasi bahan pustaka tercetak dan digital dapat dilakukan masyarakat sebagai pengguna perpustakaan," ucap Bobby.

Diharapkan pula agenda pembahasan selanjutnya terhadap ranperda ini dapat segera dilaksanakan hingga dapat disetujui bersama menjadi peraturan daerah.


sumber   : ant 


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.