Header Ads


Protes Kandang Ayam, Benny Siburian : Masa Tamu yang Menyambutnya Lalat


LINTAS PUBLIK-SIANTAR, Keberadaan kandang ayam dikeluhkan warga  perumahan Bunda Asri, Nagori Simbolon Tengko, Kecamatan Panombean Panei Kabupaten Simalungun.

Benny Siburian mengatakan kandang ayam tersebut dituding mendatangkan lalat ke rumahnya. Kandang ayam tersebut berada tak jauh dari rumah mereka dan berlokasi di Kota Pematangsiantar.

LIHAT JUGA Akibat Jalan Rusak, Truk Terbalik di Jalan Siantar - Seribudolok 

Lokasi kandang ayam yang diprotes warga

"Kandang ayam tersebut mendatangkan lalat yang tidak sedikit ke rumah saya. Lokasinya berada di wilayah Kota Pematangsiantar. Jarak rumah saya dengan kandang ayam tersebut berkisar 40 meter,"ucap Benny, Selasa (8/6/2021).

Kata dia, dengan banyaknya lalat yang datang ke rumah, membuat dirinya malu dengan tamu. 

"Kalau tamu datang, saya malu juga. Masa tamu yang menyambutnya lalat,"ucap Benny.

Dia berharap aparat pemerintahan segera menyikapi persoalan kandang ayam tersebut. Kalau di Nagori ini, sudah ada mengajukan keberatan dengan kandang ayam tersebut, namun karena wilayah kandang ayam tersebut di Kota Pematangsiantar, saya mohonlah aparat menyikapi secara serius.

Hal yang sama disampaikan Rasyid Simarmata (69) warga di Nagori Simbolon Tengkoh, Kabupaten Simalungun mengatakan kandang ayam juga membuat lalat banyak di rumah.

"Kalau di rumah sekarang sudah banyak lalatnya. Kita keluhkan ke pangulu dan maujana, mereka mengatakan kandang ayam tersebut berlokasi di Kota Pematangsiantar sehingga mereka gak bisa melarang,"ucap Rasyid.

Dijelaskan Rasyid, kandang ayam yang sudah beroperasi kurang lebih 3 tahun ini layak ditinjau karena berdekatan dengan rumah warga.

"Kami berharap kandang ayam ditutup,"tegas Rasyid.

Begitu juga Sudiarman Purba (57), yang kesehariannya membuka kedai, ia sangat kesal dengan kandang ayam tersebut. Banyaknya lalat di kedainya, membuat tidak nyaman orang yang minum atau makan.

"Gimanalah orang yang minum dek, banyak lalat. Padahal yang punya kandang ayam itu adekku,"ucap Sudiarman.


Penulis   : franki
Editor     : tagor


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.