Header Ads


Covid 19: Tips Membimbing Anak SD Belajar di Rumah


 Oleh: Desi Sijabat,S.Pd.,M.Pd

Sejak covid-19 merabah ke Negara Indonesia sudah banyak memakan banyak korban. Kondisi ini menjadi tantangan luar biasa bagi negara kita khususnya aspek pendidikan. Banyak perubahan yang terjadi sejak diberlakukannya kebijakan stay at home, sosial distancing, dan work from home, salah satunya proses belajar mengajar tidak berlangsung di sekolah lagi.

Desi Sijabat,S.Pd.,M.Pd

Tetapi kondisi  tersebut juga menyadarkan kita bahwa pendidikan  itu bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, Guru dalam melakukan pembelajaran secara online dengan  memanfaatkan berbagai aplikasi, serta Orangtua menyadari  betapa sulitnya tugas  Guru  dengan mengajar anak secara efektif.

Seperti yang disampaikan  Ibu  Lisbet Noviyanti Sihombing, M.Pd  selaku Ketua Prodi PGSD, Selasa 08 Juni 2021, ”Pendidikan  yang efektif  membutuhkan kolaborasi antara Guru, Siswa, dan Orang tua”.

Dengan  kata lain, orangtua juga berperan penting  dalam menciptakan pembelajaran yang efektif  khusus bagi anak sekolah dasar. Maka demikian, hal yang perlu diperhatikan orang tua dalam menciptakan pendidikan yang efektif adalah komunikasi dan bimbingan yang efektif kepada anak di rumah.

Berikut ini adalah tips  yang dapat dilakukan orang tua dalam membimbing anak Sekolah Dasar (SD) di rumah:

Merancang Kegiatan Anak Setiap Hari

Orang tua harus mengubah  mindset anak bahwa belajar di rumah bukanlah libur. Dengan kata lain orang tua harus merancang kegiatan anak selama di rumah seperti biasa saat berangkat kesekolah. Jadi, orang tua tetap membangunkan anak dan memberi sarapan. 

Menemani Anak Saat Belajar

Selama anak belajar di rumah, maka orang tua diharapkan membantu anak hingga anak memahami pelajaran yang diberika oleh Guru. Orang tua harus sabar dan tidak bosan atau emosional agar pembelajaran berlangsung dengan efektif.

Menciptakan Suasana Yang Menyenangkan

Selain menemani anak dalam belajar, orang tua juga harus mampu  meluangkan waktu untuk bersantai  sejenak dengan anak. Misalnya menciptakan suasana yang menyenangkan  anak misalnya bernyanyi atau menari, memberika reward. Hal ini bertujuan agar anak tidak merasa bosan atau jenuh saat belajar di rumah. 

Itulah beberapa Tips membimbing anak saat belajar di rumah. Selama proses pembelajaran di rumah, orang tua berperan penting dalam berlangsung proses pembelajaran agar efektif dan efisien.


Penulis adalah Dosen di Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar(UHKBPNP) Program Study PGSD. Dapat dihubungi di Email : desisijabat9@gmail.com




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.