Header Ads


Masjid Jariyah Simalungun Tempat Ditemukannya Mushaf Alquran Ratusan Tahun Butuh Dukungan


LINTAS PUBLIK-SIMALUNGUN, Masjid Jariyah di Dusun IV, Nagori Karang Rejo, Kecamatan Gunung Maligas, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara membutuhkan dukungan dari semua pihak.

LIHAT JUGA Inilah Pemakaman COVID di Kota Pematangsiantar

Masjid Jariyah Simalungun Tempat Ditemukannya Mushaf Alquran Ratusan Tahun

Masjid yang dibangun tahun 1990 di tengah permukiman warga dan jauh dari pusat pemerintahan kabupaten berkisar 50-an kilometer masih dalam proses renovasi untuk ketiga kalinya.

Proses renovasi Masjid sudah berlangsung 5-6 tahun, namun belum jadi karena dana berasal dari dukungan warga setempat.

Ketua BKM Suario didampingi pengurus lainnya Anto, Sahdi, dan Ketua Pembangunan Suhendra, Jumat (16/7/2021) kepada wartawan mengatakan belum ada mendapat bantuan dari mana pun, termasuk pemerintah. 

Soal permohonan bantuan, mereka menyebutkan sudah melayangkan ke Pemprov Sumut, Pemkab Simalungun, termasuk ke Bank Sumut di Medan. 

Pengajuan proposal ke Pemprov Sumut dan Bank Sumut di Medan ini diawali kisah menarik tentang keberadaan manuskrip kuno kitab suci Alquran di masjid tersebut. 

"Kami menemukan mushaf Alquran di masjid ini. Setelah dilakukan penelitian diperkiraan berusia ratusan tahun yang lalu," sebut Anto. 

Mushaf yang ditemukan saat renovasi mushallah tahun 1999 (sebelum ditetapkan sebagai masjid), kini berada di Museum Sejarah Alquran di Medan dengan status titipan.  

Selaku pemilik dan penyumbang koleksi mushaf, pengurus Masjid Jariyah diundang untuk peresmian musem pada September 2019. 

Dalam momen itu, mereka menyerahkan proposal pembangunan masjid untuk percepatan perampungan fisik masjid yang sudah dimulai sejak 2016.

Namun, harapan mendapat kucuran bantuan dana belum terealisasi. Sampat saat ini masih berharap dan menunggu.

"Seyogianya sudah selayaknya Masjid Jariyah mendapat perhatian khusus dari Pemerintah Daerah, Provinsi dan Pusat,"harap mereka.


Penulis   : franki
Editor     : tagor


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.